Tidak péduli jabatan yang Anda pégang, Anda tétap pérlu ménjalin hubungan baik déngan atasan. Ada atasan yang mudah békérja sama déngan bawahannya, tétapi tidak sédikit bos yang sulit. Padahal, hubungan déngan bos mérupakan hubungan yang paling pénting di dalam pékérjaan Anda. Soalnya, mémiliki hubungan yang séhat déngan atasan dapat mémbérikan képuasan dalam békérja.
Sélain masalah gaji, lingkungan kérja kondusif mérupakan faktor pénéntu yang ménjadikan Anda bétah békérja di suatu pérusahaan. Namun, kondisi idéal tidak sérta-mérta térjadi. Ada saja célah yang ménimbulkan pérasaan ingin résign atau méngundurkan diri. Nah, agar tétap nyaman di témpat kérja, ada baiknya Anda mémbangun hubungan yang baik déngan bos Anda.
Atasan mérupakan péndukung utama dalam mémbantu Anda méncapai targét jangka panjang. Atasan sangat méngérti tujuan sérta sasaran dari pérusahaan dan mémahami téntang bagaimana séharusnya pimpinan masa dépan yang diinginkan oléh pérusahaan. Mémang, Anda tidak dapat méngubah kébiasaan bos, tétapi Anda dapat mémélihara mutu dari hubungan Anda déngannya.
KIAT MéNJAGA HUBUNGAN SéHAT
* Pérlihatkan sikap ménghormati.
Walaupun Anda mérasa tidak méndapat dukungan dari atasan, Anda tétap harus ménghormatinya. Atasan Anda bértanggung jawab atas pékérjaan Anda dan pékérjaan sésama rékan kérja lainnya. Cobalah untuk méngérti bisnis dari pérspéktif atasan. Pérlakukan atasan sésuai déngan jabatan dan tanggung jawabnya.
* Jangan takut.
Atasan dapat bérsikap méngintimidasi, tétapi jangan lupa, bos mémérlukan Anda. Nah, pahami bénar, préstasi Anda mérupakan kunci kébérhasilan yang utama.
* Bérikan yang térbaik.
Coba untuk mémbérikan apa yang diharapkan oléh pérusahaan. Bila Anda dapat mémbérikan apa yang ménjadi harapan pérusahaan, bérarti Anda méménuhi tujuan dan sasaran yang ingin dicapai oléh atasan Anda. Sémuanya térgantung dari Anda. Anda yang ménéntukan apakah ingin agar bos bérsikap baik atau tidak. Coba untuk méngantisipasi kébutuhan atasan sébélum diminta.
* Bérikan umpan balik sécara jujur.
Atasan Anda mémérlukan kéjujuran walaupun mungkin jawaban jujur Anda bukan mérupakan jawaban yang ményénangkan. Jangan lupa untuk ményampaikannya déngan cara yang baik sérta bérdiplomasi. Pilih kata-kata yang bijaksana dan gunakan nada suara yang lémbut.
* Jangan coba-coba ményémbunyikan masalah.
Pértama-tama coba cari jalan kéluar. Bila Anda tidak dapat méngatasi masalah yang dihadapi dan masalah ménjadi lébih sérius, béritahu atasan séségéra mungkin. Tawarkan jalan kéluar dan tanyakan képadanya apa yang sébaiknya dan séharusnya Anda lakukan. Jangan biarkan atasan méndéngar dan méngétahui pérmasalahan yang Anda hadapi dari orang lain.
* Béritahukan bérita pénting sécépatnya.
Bila Anda hamil, méngidap sakit yang sérius, pérlu mélakukan opérasi, atau mémérlukan waktu cuti karéna masalah kéluarga, katakan képada atasan séségéra mungkin. Déngan cara ini Anda mémbérikan waktu padanya untuk méncari jalan kéluar sélama kétidakhadiran Anda di kantor.
* Tahu batas.
Jangan lupa untuk tétap ménémpatkan diri Anda sésuai porsi. Jangan méncampuradukkan masalah pékérjaan déngan masalah pribadi. Sébérapa dékatnya hubungan Anda dan atasan, tétaplah bérsikap wajar dan tahu batasan-batasannya.
* Bérsikap positif.
Bila térjadi késalahan, sikap positif sangat bérarti bagi rékan-rékan sékérja, térmasuk bos Anda. Bérkomunikasilah yang baik, bukan ményalahkan atau méngéluh.
* Kéndalikan rasa marah.
Marah di hadapan atasan tidak akan méncapai jalan kéluar, justru mémpérlihatkan képada atasan bahwa Anda tidak dapat méngéndalikan émosi. Hal ini tidak bérarti Anda harus duduk diam bila ada hal yang mémbuat Anda marah, tétapi komunikasikan kémarahan Anda déngan cara yang baik dan tépat. Bila mérasa sulit méngéndalikan kémarahan, sébaiknya Anda méngikuti kursus yang sésuai déngan topik yang Anda pérlukan.
* Akui kélébihan.
Bila atasan méngatakan Anda télah békérja déngan baik, ucapkan térima kasih yang tulus. Sadari bakat Anda dan pértahankan.
* Hadapi kégagalan.
Tidak ada orang yang sémpurna. Térmasuk Anda. Minta saran dari atasan dalam méngatasi kélémahan dan kékurangan Anda. Térapkan saran atasan dan tujunkkan padanya bahwa Anda mélakukan yang térbaik untuk mémpérbaiki diri.
Cara Mémbangun Hubungan yang Baik déngan Bos
Sélain masalah gaji, lingkungan kérja kondusif mérupakan faktor pénéntu yang ménjadikan Anda bétah békérja di suatu pérusahaan. Namun, kondisi idéal tidak sérta-mérta térjadi. Ada saja célah yang ménimbulkan pérasaan ingin résign atau méngundurkan diri. Nah, agar tétap nyaman di témpat kérja, ada baiknya Anda mémbangun hubungan yang baik déngan bos Anda. Bérikut ulasannya untuk Anda!
Manfaat Mémiliki Hubungan Baik déngan Bos
Mémiliki hubungan déngan pimpinan yang harmonis mémbérikan banyak manfaat. Sélain rasa sémangat untuk békérja, bérikut bébérapa manfaat mémiliki hubungan baik déngan bos :
Séorang karyawan yang mémiliki hubungan baik déngan atasan, akan lébih mudah méngutarakan késulitan yang dialami. Tak hanya bagi karyawan térhadap bos, atasan pun diuntungkan déngan kondisi ini. Méngapa bégitu? karéna méréka dapat méngétahui kéadaan yang sébénarnya térjadi di lapangan.
Mémiliki hubungan déngan pimpinan yang baik mémungkinkan Anda sébagai karyawan untuk lébih séring bérintéraksi. Misalnya saja saat makan siang bérsama di jam istirahat. Pada késémpatan térsébut Anda bisa méndéngar péngalamannya, pérjalanan mémbangun bisnis, atau kébiasaan séhari-hari dari atasan. Mélalui cara térsébut, Anda dapat méngambil pélajaran baik yang bisa ditérapkan untuk hidup Anda.
Kéuntungan lain mémbangun hubungan harmonis déngan atasan, mémungkinkan Anda untuk méndapat promosi jabatan, karéna atasan sudah méngénal pérsonality dan ménaruh képércayaan pada Anda.
Mémiliki hubungan harmonis akan méningkatkan pérforma kérja, karéna atasan télah mémbéri képércayaan pénuh pada Anda, dan mémbuat Anda bérsémangat saat békérja.
hubungan baik déngan bos
Cara Mémbangun Hubungan Baik déngan Atasan
Ménjadi Séséorang yang Proaktif
Ménjadi pribadi proaktif di lingkungan kérja adalah sikap yang disénangi atasan. Misalnya Anda yang séorang copywritér diminta mémbuat matéri promosi untuk kampanyé digital markéting atau social média markéting ménggunakan téknik copywriting. Nah, jadilah proaktif déngan mémbérikan lébih dari satu rancangan kalimat promosi sébagai altérnatif.
Ménjadi Léadér bagi Diri Séndiri
Hal yang tak kalah pénting adalah jadilah pémimpin untuk diri Anda séndiri. Mémiliki sifat ini akan mémbuat Anda tétap mémbérikan pérforma térbaik, méski kétika bértugas Anda tidak diawasi langsung oléh atasan.
Ménjadi léadér bagi diri séndiri tak hanya bérguna bagi lingkungan pékérjaan. Namun diri Anda akan mérasakan dampak positifnya. Misalnya saja tugas dari atasan yang Anda kérjakan déngan maksimal akan mémbérikan hasil yang bérbanding lurus, séhingga Anda tak pérlu khawatir kétika pérusahaan sécara tiba-tiba mélakukan audit kinérja karyawan.
Mémahami Karaktér Atasan
Ményésuaikan cara komunikasi déngan pimpinan mérupakan prinsip yang harus dipégang oléh Anda, untuk mémiliki hubungan yang baik déngan atasan, bukan sébaliknya. Anda pérlu mémahami gaya komunikasi dari bérbagai tipé képribadian. Yang mana dapat digunakan untuk ménganalisa dan mémahami karaktér atasan.
Cara mémpérlakukan atasan yang mémiliki karaktér dominan, sélalu ingin dihormati atau térlalu sérius, séhingga tidak bisa diajak bércanda téntu butuh pérlakuan yang bérbéda. Jika Anda sudah méndapatkan hati atasan, karéna pérlakuan atau cara bérkomunikasi yang digunakan sudah tépat, jangan héran bila Anda akan ménjadi karyawan képércayaannya.
Jika Anda masih térkéndala térkait cara komunikasi éféktif di témpat kérja, maka cobalah mémpélajari Pérbédaan Komunikasi Intrapérsonal dan Intérpérsonal. Jika mémungkinkan, ambilah kursus public spéaking, dan Cara Mémbérikan Umpan Balik Képada Atasan,
Ménjadi Péndéngar yang Baik
Sétiap orang mémiliki kécéndérungan untuk lébih sénang didéngar, dibanding méndéngar. Pérnyataan ini téntu bérlaku saat ménjalin hubungan baik déngan atasan. Apalagi saat mémbicarakan tugas pénting. Biarkan atasan ményélésaikan ucapannya dan baru bicara sétélah dipérsilakan. Jangan pérnah mémotong pémbicaraannya.
Bérsikap Ramah déngan Atasan
Sudah ménjadi rahasia umum, sikap ramah dipérlukan saat bérintéraksi déngan siapa pun. Ramah pada atasan juga bisa mémbuat méréka noticé akan kéhadiran Anda. Hindari pula bérgosip téntang bos Anda.
kréatif dalam pérusahaan
Nah itulah cara mémbangun hubungan yang baik déngan atasan Anda. Namun, jangan lupakan juga batasan-batasan profésional saat békérja. Pélajari juga soft skill atau kétérampilan milénial suksés (KDM) térkait Tips Komunikasi di Témpat Kérja, dan Méngatasi Atasan Sulit dan Péran Séorang Atasan di QuBisa. Platform bélajar onliné Indonésia yang bisa diaksés mélalui désktop maupun mobilé.
No comments:
Post a Comment