Kritiklah terus orang
lain. Cari dan temukan kesalahan mereka. Meski
mereka melakukan keberhasilan, pasti ada banyak bopeng-bopeng yang menarik
untuk diungkapkan. Tunjukkan pada orang banyak, bahwa anda mempunyai tatapan
setajam elang untuk menemukan kelemahan orang lain. Dengan demikian anda bisa
meletakkan diri setingkat lebih tinggi dari mereka. Lalu, temukan apa yang
terjadi pada diri anda.
Ya! Kini
anda menjadi cermin yang memantulkan bayangan kelabu dari siapa pun yang anda
jumpai. Maka, jangan risau bila takkan ada orang yang berkenan berdiri di
hadapan anda. Bukan karena mereka tak mau jujur melihat bayangannya sendiri,
namun tak seorang pun suka melihat bayangan yang terpantul dari cermin yang retak.
Bila anda terus-menerus mengkritik orang lain, anda menunjukkan keretakan yang
ada pada diri sendiri. Tak ada tempat yang pantas bagi pecahan cermin, selain
dipendam dalam-dalam agar tak melukai telapak kaki yang berd
Akhir-akhir
ini kan lagi marak-maraknya debat antar Capres dan Pendukung Capres, banyak
yang dikritik dan banyak juga yang cumea mengkritik. Nah, Buat yang sering
dikririk saya punya tips mensikapi kritik.
Tak ada
orang yang senang menerima kritik. Bagaimana pun hebatnya seseorang, ia pasti tak
akan kebal dari kritik. Pertama, karena tak ada manusia yang sempurna dan luput
dari kesalahan. Kedua, banyak orang yang senang mengkritik, meskipun mereka
tahu dikritik itu tidak enak. Memang tidak semua kritik itu benar. Namun,
bagaimana anda mensikapi kritik sebenarnya dapat mendorong perbaikan bagi
kepribadian anda.
–Tahan diri anda dari amarah.
Marah adalah signal alami yang mengatakan bahwa anda sedang dikritik. Yakinlah setiap orang memang berhak mengutarakan pendapatnya. Biarpun wajah anda merah padam, usahakan agar tidak marah. Bila anda tidak lulus di langkah ini, maka langkah-langkah berikutnya hampir mustahil berguna bagi anda.
Marah adalah signal alami yang mengatakan bahwa anda sedang dikritik. Yakinlah setiap orang memang berhak mengutarakan pendapatnya. Biarpun wajah anda merah padam, usahakan agar tidak marah. Bila anda tidak lulus di langkah ini, maka langkah-langkah berikutnya hampir mustahil berguna bagi anda.
–Terimalah kritik dengan sikap terbuka.
Mungkin kritik itu salah, namun pengkritik menganggapnya berbeda. Bersikaplah terbuka, bila perlu ubahlah pandangan si pengkritik. Pahami keberatannya sehingga anda dapat menanggapinya secara tepat.
Mungkin kritik itu salah, namun pengkritik menganggapnya berbeda. Bersikaplah terbuka, bila perlu ubahlah pandangan si pengkritik. Pahami keberatannya sehingga anda dapat menanggapinya secara tepat.
–Jangan masukkan kritik ke dalam hati.
Meski anda bersikap terbuka, bukan berarti anda selalu memasukkan kritik ke dalam hati dan menjadikannya sebagai urusan pribadi. Hal ini sama saja dengan menyiksa diri anda sendiri. Mungkin kritik ditujukan pada usaha, produk, staff anda, bukan pribadi anda. Ingatlah anda perlu menjaga hubungan jangka panjang. Bila kritik ditujukan secara tidak proporsional, amati saja ketidakmampuan pengkritik menyampaikan kritiknya.
Meski anda bersikap terbuka, bukan berarti anda selalu memasukkan kritik ke dalam hati dan menjadikannya sebagai urusan pribadi. Hal ini sama saja dengan menyiksa diri anda sendiri. Mungkin kritik ditujukan pada usaha, produk, staff anda, bukan pribadi anda. Ingatlah anda perlu menjaga hubungan jangka panjang. Bila kritik ditujukan secara tidak proporsional, amati saja ketidakmampuan pengkritik menyampaikan kritiknya.
–Mintalah keterangan lebih spesifik.
Pahami bahwa mungkin kritik itu benar. Jadi cobalah untuk memahami dan meminta keterangan yang lebih spesifik mengenai apa yang dikritik tersebut. Ini bermanfaat bagi anda dan pengkritik agar dapat melihat situasi yang sebenarnya.
Pahami bahwa mungkin kritik itu benar. Jadi cobalah untuk memahami dan meminta keterangan yang lebih spesifik mengenai apa yang dikritik tersebut. Ini bermanfaat bagi anda dan pengkritik agar dapat melihat situasi yang sebenarnya.
–Jangan balas kritik dengan kritik.
Tugas anda adalah mensikapi kritik agar anda dapat meraih lebih banyak perbaikan dan keuntungan dari kritik itu. Membalas kritik dengan kritik sama dengan menyulut perdebatan yang tidak perlu. Anda takkan bisa memadamkan api dengan api. Akhirnya yang terjadi hanya abu hangus saja.
Tugas anda adalah mensikapi kritik agar anda dapat meraih lebih banyak perbaikan dan keuntungan dari kritik itu. Membalas kritik dengan kritik sama dengan menyulut perdebatan yang tidak perlu. Anda takkan bisa memadamkan api dengan api. Akhirnya yang terjadi hanya abu hangus saja.
–Tanyailah diri sendiri perbaikan apa yang bisa anda
lakukan.
Dengan demikian anda mampu melihat kritik sebagai perbaikan bagi diri sendiri, sekaligus mendapatkan keuntungan darinya. Lebih banyak perbaikan produk ditemukan kritik daripada pujian dari konsumen anda.
Dengan demikian anda mampu melihat kritik sebagai perbaikan bagi diri sendiri, sekaligus mendapatkan keuntungan darinya. Lebih banyak perbaikan produk ditemukan kritik daripada pujian dari konsumen anda.
–Mintalah pendapat dari orang lain.
Bila anda tidak yakin dengan sebuah kritik, mintalah pendapat dari orang lain yang benar-benar tulus. Pendapat mereka dapat membantu anda menemukan bagian mana dari kritik itu yang benar atau keliru.
Bila anda tidak yakin dengan sebuah kritik, mintalah pendapat dari orang lain yang benar-benar tulus. Pendapat mereka dapat membantu anda menemukan bagian mana dari kritik itu yang benar atau keliru.
–Biasakan diri anda dengan kritik.
Membiasakan diri berarti mensikapinya dengan tenang dan positif. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas kritiknya, meski tidak selamanya benar. Bagaimana pun
Membiasakan diri berarti mensikapinya dengan tenang dan positif. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas kritiknya, meski tidak selamanya benar. Bagaimana pun
No comments:
Post a Comment