|
1. Lamban Beradaptasi dengan Perubahan
|
Apa yang berubah ? informasi dan teknologi. Begitu cepat perubahan
informasi yang lalu lalang disekitar kita, lihatlah betapa banyak surat kabar
yang terbit setiap hari, persatuan waktu informasi senantiasa berganti. Maka
sangat pasti kegagalan kita adalah disaat kita tidak memahami informasi yang
berkembang saat ini. Mereka yang sukses umumnya adalah mereka yang mampu
memadukan berbagai informasi dan menjadikannya data untuk perencanaan aksi di
masa datang. Demikian pula teknologi, era abad 21 telah banyak Negara
mencanangkan untuk mengembangkan IT (Information Technology) sebagai upaya
memperpendek waktu dan jarak dengan berbagai klien di berbagai kawasan dunia.
E- commerce dan e- learning menjadi salah satu contoh produk yang mulai
diminati berbagai kalangan saat ini. Dengan technologi waktu dan jarak
menjadi pendek namun memberikan keuntungan yang maximum. Contoh mudah terkait
dengan perkembangan teknologi adalah munculnya berbagai produk digital yang
mulai dipasarkan dengan kemampuan bervariasi dan harga kompetitif. Sebuah
lokasi perdagangan berbagai produk teknologi yang kita kenal diantaranya
Mangga Dua atau Glodok memberikan pelajaran berarti tentang perkembangan
berbagai produk digital ini. Kita bisa lihat di setiap bulan senantiasa ada
saja produk baru yang dipasarkan dengan berbagai kualitas dan kemampuan.
Tidak hanya informasi dan teknologi, melainkan keterampilan dan masalah.
Masalah berkembang cepat, tanpa diimbangi dengan penemuan solusi, sehingga
masalah lama bertahan dan muncul masalah baru.
|
|
2. KALAH
BERSAING
|
Era
globalisasi merupakan era pembukaaan jalur-jalur lalulintas produk dan tenaga
untuk menerima dan mengirim apa yang dimiliki Negaranya ke berbagai Negara di
seluruh belahan dunia. Dengan kata yang sederhana, dapat saja Negara Jepang
mengirim tenaga ahlinya untuk meneliti, mengeksplorasi dan memanfaatkan
sumberdaya Negara Indonesia
untuk kepentingan Negara tersebut atau keduabelah pihak. Hal ini adalah
lumrah mengingat ada keuntungan yang diperoleh dari aktifitas tersebut. Namun
yang perlu kita cermati adalah era globalisasi merupakan era persaingan yang
begitu ketat antar berbagai Negara, tidak hanya persaingan terjadi antara dua
Negara melainkan banyak Negara. Hendaknya menjadi acuan bagi siapa saja agar
dapat suvive di zaman seperti ini, segera mengupgrade diri pada sisi
pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, sebab jika tidak maka muncullah
mental pesuruh dinegaranya sendiri, dan hanya bisa melihat negaranya habis digrogoti
oleh orang-orag cerdas kiriman Negara lain. Kita akan gagal jika tidak mampu bersaing dengan siapapun, dimanapun dan
kapanpun.
|
|
3. Tidak
Kreatif
|
Kreatifitas
merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan berbagai masalah, menemukan
ide baru. Kreatifitas merupakan sebuah tindakan mengoptimalkan fungsi otak.
Namun kreatif bukan saja dalam bentuk ide dan gagasan melainkan hasil karya
dan manfaat yang berbeda dari sebelumnya. Kreatifitas pada dasarnya merupakan
karunia dari Allah SWT kepada setiap manusia, yakni kemampuan mencipta (daya
cipta) dan berkreasi. Namun ternyata tidak semua orang mengoptimalkannya.
Kejenuhan, kebosanan adalah kewajaran bagi seseorang. Hal inilah yang
menuntut kita untuk kreatif menemukan model baru bagi produk kita, rendahnya
kemampuan kreatifitas kita berdampak rendahnya keuntungan kita atau bahkan
hilangnya pelanggan kita.
|
4. Tidak
Cepat Meraih Peluang
|
Hikmah mengatakan, kesempatan datang hanya sekali, dan tak kan pernah
kembali untuk yang kedua kalinya. Kecepatan seseorang mengambil peluang tak
lepas dari kemampuannya mengoptimalkan seluruh potensi yang allah berikan
untuk kehidupan. Sejauhmana seseorang membuka kedua telinga, mata dan
hatinya, ditambah dengan kemampuannya untuk �take action' saat melihat sebuah kebaikan
atau keuntungan baginya. Terkadang keraguan menjadi penghalang besar bagi
seseorang untuk bertindak, atau lepasnya peluang kesempatan dikarenakan
terlalu lama berfikir sehingga lambat mengambil keputusan karena dukungan
informasi yang rendah.
|
|
||
|
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
No comments:
Post a Comment