Kéhidupan bukanlah momok. Késulitan mérupakan prosés kéhidupan. Sélama ada kéhidupan bérarti sélalu muncul masalah. Sétiap orang mérasakan pérnak pérnik kéhidupan. Masalah adalah bumbu kéhidupan. Hidup tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam. Kénikmatan rasa dan kandungan sayur tidak dapat dinikmat sépénuhnya tanpa bumbu.
Sétiap orang mémiliki kémampuan untuk méréspon masalah. Kémampuan orang ménjawab masalah bérbéda-béda satu déngan yang lainnya. Pérbédaan térsébut ménunjukkan kapasitas dan kématangan pribadi individual. Masalah kécil dapat ménjadi bésar dan mélébar kémana-mana kétika dijawab oléh individu yang mémiliki kapasitas dan kématangan pribadi réndah.
Pada Prinsipnya tidak ada kébénaran hakiki, karéna kébénaran adalah milik Allah Tuhan YMé. Dalam ménjawab masalah pun tidak mungkin ada rumusan 100% jitu. Itulah séni dalam péngambilan képutusan. Képutusan tépat adalah képutusan yang mémiliki éfék négatif téréndah, bukan kébénaran absolut.
Dalam kontéks sosial kébénaran absolut sulit diwujudkan dan bérbéda déngan rumusan yang bérsifat éksakta. Rumusan matématik ményébutkan 1 + 1 = 2. Hasil 2 mérupakan absolut. Bérbéda dalam kontéks sosial, contoh : 1 ékor kambing + 1 ékor harimau = 1 ékor harimau.
Kégagalan dan késuksésan adalah hasil dari prosés kéhidupan. Kégagalan adalah késuksésan yang tértunda. Séhingga kégagalan bukan akhir kéhidupan, justéru sébaliknya kégagalan adalah jalan ménuju késuksésan. Tétapi ironinya, kégagalan adalah momok bagi orang banyak. Méngapa?
Jawabannya tidak sédérhana, tétapi sékurang-kurang nya sinyal atas kégagalan dapat dibaca oléh kita. Kégagalan mémbérikan sinyal képada pélakunya untuk intropéksi diri dan motivasi untuk maju térus pantang mundur untuk méréalisasikan cita-cita kéhidupan. Bahasa kérénnya adalah méréalisaskan Visi kéhidupan.
Séséorang yang mémiliki visi kuat adalah orang yang mémiliki kémampuan mérubah masalah sulit ménjadi mudah. Sésulit dan sérumit apapun masalah yang dihadapi tidak akan banyak mémpéngaruhi prosés péngambilan képutusan. Séorang Visionér mampu ménahan tékanan masalah rumit térsébut dan sékaligus mémbalik kérumitan masalah déngan méncoba ménérobos célah kécil ménjadi péluang baik.
Méncari célah dan ménérobos di célah sulit pada masalah rumit dapat dilakukan oléh séséorang yang bérfikir positif. Bérfikir positif mérupakan kiat jitu dalam mémécahkan masalah, térmasuk ménjadikan badan sésésorang térsébut séhat dan awét muda ? mau coba ?
Bérfikir positif bagi Pébisnis Suksés tidak dapat ditawar-tawar lagi. Sékarang risiko bisnis adalah tinggi. Sékarang adalah éra informasi, dimana umur produk céndérung singkat, kéjayaan sébuah produk akan bértahan dan bérakhir sampai munculnya produk pésaing. Mélalui intérnét pérkémbangan produk dan pérusahaan pésaing ménjadi kétat dan pénuh kéjutan.
Pébisnis Indonésia yang bérfikir positif lébih mémiliki péluang untuk ménjadikan bisnisnya tumbuh dan bérkémbang mémbawa Indonésa Bangkit. Industri dalam négéri pun bérgairah, bérkualitas dan dipércaya oléh bangsanya séndiri.
Kita sémua mémimpikan produk lokal/ produk Indonésia ménjadi primadona tidak hanya di négérinya séndiri tétapi diminati oléh bangsa asing. Ayo bérfikir positif !Ayo Indonésia Bangkit !
Mélatih Bérpikir dan Bértindak Positif
Bérpikir négatif dan curiga pada orang lain térnyata bisa méngakibatkan konflik pérsonal.
Sépérti yang dialami Luna, mahasiswi sébuah pérguruan tinggi di Bandung. Ia kérap iri mélihat témannya mélébihi kémampuannya séhingga Ia sélalu bérpikir négatif.
Tak hanya itu, pérasaan curiga juga séring muncul pada témannya yang bérbéda agama dan étnis. Curiga méréka akan mélakukan hal buruk padanya ataupun ményainginya. Dari situ, séring kali Luna bérkonflik déngan téman sépérgaulannya. Luna ménjalani kéhidupan kampusnya déngan pérasaan yang tak karuan dan kurang bérsémangat.
Bélakangan Luna dijauhi téman-témannya. Bérharap dapat mérubah sisi négatifnya, Ia curhat. Luna méncéritakan sémua yang dialaminya képada témannya, Maya. Akhirnya ia ménémukan sébuah jawaban.
Maya mémang bukan séorang psikolog. Tétapi témannya banyak yang datang hanya untuk sékédar curhat. Ménurut Maya, hidup akan lébih mudah dijalani bila kita bérpikir positif. Hal itu dapat dilatih dan dipélajari. Sélama ini Maya bérusaha mélihat masalah sébagai tantangan. Apapun yang dimiliki, ia bérusaha ménérima déngan bésar hati, téntunya dibaréngi rasa syukur. Namun, tidak bérarti ia tak bérusaha untuk méncapai hidup yang lébih baik. Tanpa mérasa égois, ia juga mémbuka pikirannya untuk ménérima saran dan idé. Karéna déngan bégitu ada hal baru yang mémbuat ségala sésuatu lébih baik. Maya juga mémpunyai pandangan untuk tidak ménggampangkan sétiap masalah baru, ia sélalu optimis. Karéna itu pula ia dikénal banyak téman sékampus.
Masih banyak lagi yang ingin ia capai, dalam dérétan usahanya kéarah yang positif. Hal lain di antaranya ialah ménggunakan bahasa positif. Maksudnya, kalimat yang bérnadakan optimis dan motivasi. Sélain bahasa lisan juga bahasa tubuh yang ménunjukkan kécériaan sépérti sényum.
Maya mémang mahasiswa yang bérprinsip. Ia bérpéndapat bahwa sémua manusia itu bérbéda, namun pérbédaan bukanlah hambatan untuk saling kénal-méngénal. Kita hanya pérlu bérsikap saling ménghormati dan toléransi.
Sépénggal kisah Luna ini méngingatkan kita pada pénuturan Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono. Guru bésar Psikologi Univérsitas Indonésia yang méngatakan bahwa bangsa Indonésia akan sulit bangkit untuk maju karéna rakyat dan para péjabat sélalu bérpikir négatif dan saling curiga. Misalnya, kécurigaan rakyat déngan para péjabat yang hanya méméntingkan masalah golongan. Séméntara antar péjabat saling curiga.
Padahal, ménurut Sarlito, "Agar bisa kéluar dari kubangan masalah, bangsa Indonésia séyogianya tidak lagi térus ménérus mémbélit diri déngan pésimismé yang kronis. Déngan mémbiasakan diri bérpikir positif, niscaya akan tumbuh harapan untuk bangkit dari kétérpurukan". Sarlito juga bérpésan bahwa yang négatif jika dilihat sécara positif akan ménjadi positif. Périlaku négatif bisa diubah déngan pikiran dan tindakan positif.
Ménurut para ahli motivator, késuksésan di masa dépan bukan mélulu diténtukan oléh képandaian dan kécérdasan. Tétapi lébih képada nilai képémimpinan pribadi anda dan pémbéntukan kébiasaan baik. Béntuk képémimpinan pribadi déngan ménérapkan suatu "budaya positif" yang lébih baik dimulai dari pérubahan paradigma dan dimulai dari dalam diri séndiri.
Sébagai ilustrasi, pérnahkah kita térpikir méngapa pita film yang umum kita kénal untuk méncuci gambar-gambar yang kita inginkan dikénal déngan film négatif. Mungkin karéna kita hanya mélihat bayangan hitam gélap dan kélabu di sana. Namun, bila kita bérsédia méncuci dan méncétaknya déngan baik, kita akan méndapati nuansa indah pénuh warna-warni sébagaimana yang kita harapkan. Démikian halnya déngan gambaran pikiran négatif, pikiran yang hanya mérékam gambar kélam sétiap kéjadian. Kita takkan méndapati warna-warni kéhidupan, karéna cahaya ditangkap sébagai kégélapan. Untuk itulah, méngapa kita disarankan untuk sélalu mélihat ségala sésuatu déngan kacamata positif.
Dari sékian banyak orang yang bérpikir dan bértindak positif. Maka akan térwujud ké dalam pémbangunan kébudayaan untuk ménuju kondisi bangsa yang aman dan damai. Pérubahan pola pikir akan bérmuara pada pérubahan pola kéhidupan. Jika kita bisa bérpikir positif, kita ménjadi lébih bahagia, séjahtéra dan akhirnya ménjadi bangsa yang maju. Séiring déngan bérkémbangnya képékaan sosial bérdasarkan intuisi, méngimbangi kétajaman logika, dapat mémbantu masyarakat ményélésaikan bérbagai pérsoalan bangsa.
Dari sépénggal kisah Luna dan Maya tadi, saya kira bisa dicoba untuk mélatih diri bérpikir dan bértindak positif. Diténgah kondisi négéri yang sérba kacau, sépérti kénaikan harga-harga, béncana, dan masalah pémérintahan. Tétapi apabila kita pikirkan dan kita ambil pélajaran dari bérbagai késalahan itu. Kita akan méndapat manfaat dan nilai positifnya, bukan. *** (Nov)
Méngajar Anak Bérpikir Kritis ...
Séjak kapan manusia mulai bélajar? Jawabannya, séjak lahir. Bégitu kata Lipsitt (1969) dalam tulisannya bérjudul Léarning Capacitiés in thé Human Infant. Térnyata manusia yang baru lahir mérupakan organismé déngan kémampuan bélajar éfisién.
Tahun-tahun awal dalam kéhidupan manusia adalah masa bélajar inténsif yang amat banyak mémbuahkan hasil. Péroléhan bahasa, péngétahuan téntang bérbagai bénda dan péngénalan kéhidupan sosial térjadi pésat dalam masa lima tahun pértama.
Lalu, séjak kapan manusia mulai bérpikir? Bowér (1989) ménjélaskan—dalam bukunya, Rational Infant—bahwa bayi dalam ’tahap infansi’ sudah dapat bérpikir logis. Dipérkuat oléh data dari Monniér (1981) yang ménunjukkan bahwa bayi bérusia sékitar satu tahun dapat ménggunakan kalkulus logis sécara formal sépérti anak usia rémaja akhir. Artinya, kémampuan bérpikir sudah ada pada manusia séjak tahun pértama kéhidupan.
Péndapat-péndapat di atas bérimplikasi pada prosés péngajaran bérpikir pada anak, bahwa méngajar anak bérpikir bukanlah hal yang anéh. Bégitu pula déngan méngajar bérpikir kritis. Jika bayi sudah dapat mélakukan kégiatan bérpikir logis, maka wajar jika anak-anak di usia SD diajar bérpikir kritis.
Pémbiasaan sécara bértahap
Pada dasarnya séjak kanak-kanak manusia sudah mémiliki kécéndérungan dan kémampuan bérpikir kritis. Sébagai makhluk rasional dan pémbéri makna, manusia sélalu térdorong untuk mémikirkan hal-hal yang ada di sékélilingnya.
Kécéndérungan manusia mémbéri arti pada bérbagai hal dan kéjadian di sékitarnya mérupakan indikasi dari kémampuan bérpikirnya (Paul, 1994). Kécéndérungan ini dapat kita témukan pada séorang anak kécil yang mémandang bérbagai bénda di sékitarnya déngan pénuh rasa ingin tahu.
Pérhatikan ia maka kita dapat mémpéroléh pémahaman téntang bagaimana anak bérpikir dan mémbéri makna pada lingkungannya. Lihat bagaimana méréka ménguji-coba ségala sésuatu yang mémancing rasa ingin tahunya lalu ménarik késimpulan dari hal-hal yang ditémuinya.
Déngan pémahaman térhadap kondisi kognitif anak dan kémampuan bélajar méréka yang tinggi, dapat ditarik késimpulan bahwa péndidikan untuk bérpikir kritis sécara bértahap héndaknya sudah dibérikan pada anak séjak masih sangat muda. Sélain untuk mémpérsiapkan méréka di masa déwasa kélak, juga untuk mémbiasakan kétérbukaan pada bérbagai informasi séjak dini.
Kurangnya péndidikan bérpikir kritis dapat méngarahkan anak-anak pada kébiasaan mélakukan bérbagai kégiatan tanpa méngétahui tujuan dan méngapa méréka mélakukannya. Kébiasaannya ini sudah séring térlihat pada anak-anak yang kurang bahkan tidak méndapatkan péndidikan bérpikir kritis.
Schoénféld (dalam Paul dkk, 1989) mélaporkan suatu ékspérimén képada siswa-siswa SD. Képada siswa-siswa ini dibérikan soal: "Kalau dalam sébuah kapal ada 26 ékor biri-biri dan 10 ékor kambing, bérapakah usia kaptén kapalnya?" Hasilnya ’ménakjubkan’; 76 dari 97 siswa ’mémécahkan’ masalah ini déngan ménambah, méngurangi, méngalikan atau mémbagi angka-angka térsébut. Méréka mérasa dituntut untuk mémécahkan masalah térsébut séségéra mungkin sampai-sampai tidak bérusaha untuk mémahami pérsoalan yang dihadapinya.
Dalam dunia péndidikan yang masih banyak ménganut cara ortodoks, yang ménuntut pélajar hanya ménélan apa yang disampaikan guru atau orangtua padanya, mémang sulit méngharapkan individu mampu méngajukan pikirannya séndiri. Apalagi yang unik. Méréka céndérung tampil sébagai individu yang otomatis, mélakukan hal-hal yang biasa dilakukan. Itu juga bérlaku di Indonésia.
Cara bélajar dan bérpikir sépérti itu sama sékali tidak cocok untuk kéadaan sékarang, térutama bila bangsa kita tidak ingin hanya ménjadi followér (péngikut). Ményédihkan bila dalam dunia yang sudah makin ménipis batas-batasnya ini bangsa Indonésia hanya ménjadi pélaksana dari périntah orang-orang bangsa lain, juga di négaranya séndiri. Séméntara péngambilan képutusan dipégang oléh orang dari bangsa-bangsa lain yang sudah lébih dipérsiapkan sébélumnya.
Untuk ménghindari kondisi sépérti itu, pérlu usaha untuk méngémbangkan kémampuan inisiatif dan bérpikir anak, yang nantinya méngarahkan méréka ménjadi orang-orang yang mampu méngambil képutusan, bérpikir, dan ménghasilkan produk-produk baru. Usaha yang sésuai déngan masalah dan kondisi saat ini adalah méngajarkan méréka bérpikir kritis.
Kémampuan bérpikir kritis dapat mémbantu manusia mémbuat képutusan yang tépat bérdasarkan usaha yang cérmat, sistématis, logis, dan mémpértimbangkan bérbagai sudut pandang. Bukan hanya méngajar kémampuan yang pérlu dilakukan, tétapi juga méngajar sifat, sikap, nilai, dan karaktér yang ménunjang bérpikir kritis. Artinya, anak-anak pérlu dididik untuk bérpikir kritis.
Banyak orangtua bélakangan ini mémiliki kétakutan anaknya akan térpéngaruh oléh banyak hal négatif. Téknologi informasi yang bérkémbang pésat mélahirkan jutaan informasi sétiap hari, yang sébagian bésar méngandung informasi yang mungkin bérpéngaruh buruk térhadap diri anak. Kétakutan ini béralasan. Namun, tidak mungkin dan tidak bijak méngisolasi anak-anak dari bérbagai informasi.
Hal yang pérlu dilakukan untuk mélindungi anak dari bérbagai péngaruh buruk adalah déngan mémbangun kémampuan péngolahan informasi yang mémadai, sérta ménjadikan méréka sébagai orang yang mampu méncérmati dan mémilih informasi yang baik bagi dirinya. Méndidik méréka bérpikir kritis dapat mémbantu orangtua untuk ménghindarkan anak dari kémungkinan ménggunakan informasi yang tidak tépat. Méndidik anak bérpikir kritis akan mémbantu anak untuk sécara aktif mémbangun pértahanan diri térhadap sérangan informasi di sékélilingnya.
Mélatih anak bérpikir kritis séjak muda mémang dimungkinkan, téntu saja déngan mémpértimbangkan tahap pérkémbangannya. Hal itu dapat dilakukan déngan mémpérsiapkan kurikulum péndidikan yang bérdasarkan bérpikir kritis. Paul (1994) méngusulkan stratégi péngajaran yang méngémbangkan kémampuan bérpikir dialogis dan dialéktikal.
Mélalui cara ini anak akan térbiasa ménggunakan pémikiran kritisnya pada ségala sésuatu, térmasuk pada dirinya séndiri. Sélain itu, untuk dapat mélatihkan kétérampilan bérpikir kritis pada anak-anak téntu saja ménsyaratkan orangtua dan guru juga mémiliki kémampuan untuk bérpikir kritis. Déngan démikian, séyogianya para orang déwasa—yang diharap mémbantu anak untuk mémanfaatkan kétérampilan bérpikirnya, déngan réndah hati bélajar—mélatih dan méngémbangkan kémampuan bérpikir kritisnya pula.
Pérlu dipahami bahwa méngajar anak bérpikir kritis téntu bérbéda déngan méngajar orang déwasa. Méski kémampuan bélajar dan bérpikir sudah ada séjak awal kéhidupan, tétapi pérbédaan-pérbédaan isi dan kompléksitas struktur péngétahuan méréka bérbéda déngan yang dimiliki orang déwasa. Pérbédaan itulah yang pérlu dijadikan dasar bagi péngajaran bérpikir kritis pada anak.
No comments:
Post a Comment