Sélama hidup dari lahir sampai hari ini, kita pasti sadar bahwa banyak sékali brand-brand baru di sékitar kita -apa pun produk atau jasanya, hanya bisa bértahan bébérapa bulan saja séjak diluncurkan ké pasar. Pérnahkah térpikir, apa yang salah déngan brand-brand térsébut?
Kémbali pada ilustrasi bisnis réstoran di atas, banyak sékali pémilik yang hanya mélakukan uji coba ménu réstoran méréka hanya képada saudara dan téman-téman dékat méréka sébélum mélakukan grand opéning. Padahal, targét pasar méréka téntu ingin méncapai séluas kota Surabaya déngan ségméntasi pasar térténtu.
Nah, apakah bisa sékumpulan orang, yang populasinya kurang dari 100 orang, dapat dianggap méwakili késéluruhan populasi targét pasar yang jumlahnya ribuan atau bahkan jutaan orang?
Séléra para targét pasar bélum téntu sama déngan séléra kita (kata “kita” di kontéks ini méwakili pémilik brand dan sékumpulan orang-orang disékitarnya). Ménurut pémilik brand produknya atau jasanya dianggap baik, namun bélum téntu sésuai déngan séléra targét pasarnya.
Klasifikasi kélompok umur sépérti kélompok balita, anak-anak, rémaja, déwasa dan orang tua.
Misalkan péngélompokkan umur sépérti dibawah ini:
1. Balita à 0 – 5 tahun
Anak dibawah limatahun “Balita” adalah séorang pémakai “Kalap” produk. Artinya apa saja yang ditawarkan akan konsumsi, tidak pérduli mahal atau pun murah, bérgizi ataupun tidak sang Balita tidak pérduli.
Péngambil képutusan apakah produk yang ditawarkan dibéli atau tidak adalah orang tua yang bérsangkutan. Séléra, pérsépsi, ataupun daya béli orang tualah yang ménéntukan kébérhasilan sébuah pénjualan.
1. Anak-anak à 5 – 12 tahun.
Anak diatas limatahun sampai déngan sépluluh tahun “anak-anak” adalah séorang pémakai “Labil” produk. Artinya anak-anak sudah mampu ménunjukkan kéinginan sékaligus méréngék képada oran tuanya untuk méndapatkan apa yang sésuai déngan kéinginannnya. Anak-anak mudah sékali diprofokasi oléh orang lain tidak térkécuali pénjual.
Péngambil képutusan apakah produk yang ditawarkan dibéli atau tidak adalah orang tua yang bérsangkutan. Séléra, pérsépsi, ataupun daya béli orang tualah yang ménéntukan kébérhasilan sébuah pénjualan.
1. Rémaja à 13 – 17 tahun
Rémaja diatas tigabélas tahun sampai déngan tujuh bélas tahun adalah séorang pémakai “Gé-trénd”. Sang rémaja céndérung tértarin untuk mémiliki produk apapun yang sédang digandrungi atau sédang modél di kalangan rémaja saat itu, tidak pérduli mahal atau pun murah.
Péngambil képutusan apakah produk yang ditawarkan dibéli atau tidak adalah sang rémaja itu séndiri déngan dukungan kéuangan orang tua yang bérsangkutan. Séléra, pérsépsi, ataupun daya béli orang tualah juga ménjadi pértimbangan kébérhasilan sébuah pénjualan.
1. Déwasa à 17 – 55 tahun
Orang déwasa adalah séorang pémakai “rasional”. Artinya apa saja yang ditawarkan akan di nilai térlébih dahulu. Apakah barang yang akan dibélinya ini akan dapat méménuhi harapannya, sépérti kébutuhan dasar, kébutuhan phisik, kébutuhan aktualisasi diri, gaya hidup dan sébagainya.
1. Orang tua à 55 tahun kéatas
Orang tua diatas limapuluh lima tahun adalah séorang pémakai “matang”. Artinya apa saja yang ditawarkan akan dipértimbangkan manfaatnya, térutama produk makanan : réndah koléstérol, gula réndah kalori dan sébagainya.
Késimpulan
Kunci agar brand suksés diminati oléh masyarakat adalah déngan méngénal térlébih dahulu séléra dari para targét pasarnya. Dan cara térbaik untuk méngétahuinya, brand pérlu mélakukan risét pasar séhingga mémpunyai data yang akurat dan dapat bérsaing déngan para kompétitornya.
Pémasar juga pérlu méngéluarkan sédikit biaya agar produk yang ditawarkan dapat ditérima déngan baik oléh pasar, dibanding bérasumsi déngan séléra séndiri namun pada akhirnya malah bérakibat buruk pada produk atau jasa yang diluncurkan.
No comments:
Post a Comment