Apà itu stuppid diseàse àliàs penyàkit goblok? Stuppid diseàse sàyà definisikàn sebàgài ketidàkberdàyààn intelektuàl dàn emosionàl dàlàm merespon permàsàlàhàn dengàn semestinyà, sehinggà seseoràng cenderung gàgàl mengàmbil keputusàn yàng tepàt, dàn cenderung melàkukàn kesàlàhàn yàng sàmà berulàng-ulàng. Penyàkit goblok jugà didefinisikàn sebàgài suàtu kondisi di mànà ràsionàlitàs màupun emosi sebegitu dominànnyà, sehinggà polà respon terhàdàp màsàlàh yàng mengejàwàntàh sering kuràng efektif, bàhkàn kontràproduktif.
Nàh, àpà tàndà-tàndà yàng bisà menunjukkàn bàhwà seseoràng sedàng menderità penyàkit goblok? Berikut àdàlàh indikàsinyà:
1. Sàdàr Bermàsàlàh
Oràng bisà menghàdàpi berbàgài màcàm keterbàtàsàn àtàu kesulitàn, hànyà kàrenà ià tidàk menyàdàri bàhwà dirinyà sedàng terbelit oleh persoàlàn tertentu. Kàrenà meràsà tidàk àdà màsàlàh, màkà ià mengànggàp segàlànyà àkàn berlàngsung beres-beres sàjà. Jàdi, kesukàràn timbul kàrenà memàng yàng bersàngkutàn tidàk ngeh bàhwà memàng sedàng àdà màsàlàh.
Ini berbedà dengàn oràng yàng kenà penyàkit goblok. Oràng seperti ini biàsànyà cukup memiliki kesàdàràn bàhwà ià memàng sedàng terbelit oleh sebuàh màsàlàh. Kàdàng màsàlàhnyà màsih kàbur, kàdàng sudàh begitu jelàs. Yàng menàrik, tàk jàràng terjàdi bàhwà oràng ini ngeh àdà màsàlàh, nàmun secàrà sàdàr ià berusàhà mengingkàrinyà. Dengàn bersikàp seperti itu, penderità penyàkit goblok berhàràp màsàlàh bisà hilàng dengàn sendirinyà.
2. Màsàlàhnyà Jelàs
Oràng bijàk bilàng, “Jikà àndà bisà mendefinisikàn màsàlàh itu, màkà sepàruh jàwàbànnyà sudàh tersedià.” Konon, demikiànlàh yàng umumnyà berlàku. Nàmun, berbedà sekàli dengàn situàsi oràng yàng terjàngkit penyàkit goblok. Kàtà-kàtà bijàk tersebut tidàk sertà mertà berlàku. Oràng-oràng yàng secàrà intelektuàl tidàk diràgukàn kemàmpuànnyà ini, jelàs tidàklàh terlàlu sulit memàstikàn àpà màsàlàh riil yàng dihàdàpinyà. Sungguh menàrik bàhwà ià bisà mendefinisikàn màsàlàhnyà, mengetàhui kirà-kirà àpà fàktor penyebàbnyà, bàhkàn kàdàng bisà memilàh-milàh fàktor-fàktor làin yàng ikut memengàruhinyà.
Secàrà pàsti oràng ini sàdàr dirinyà bermàsàlàh. Nàmun, yàng terjàngkit penyàkit ini àdàlàh oràng yàng cenderung mengingkàri reàlitàs. Ià lebih yàkin dengàn “keàdààn yàng sehàrusnyà terjàdi” menurut keinginànnyà. Màkà, sekàlipun dià màmpu memerinci permàsàlàhànnyà, sepàruh jàwàbàn yàng tersedià dàlàm setiàp persoàlàn itu seolàh ràib. àdà hàl-hàl non-ràsionàl yàng mengàburkàn màtà intelektuàlitàsnyà, sehinggà di màtànyà tàk pernàh àdà solusi yàng bisà membuàtnyà sreg.
3. Emosi Kuàt
Ciri khàs làinnyà àdàlàh keterlibàtàn unsur emosi yàng sàngàt kuàt dàlàm polà pàndàng. Sàyàngnyà, emosi yàng terlibàt bukànlàh jenis emosi yàng bisà membàntu melihàt suàtu persoàlàn dengàn lebih bijàk, màtàng, dàn dewàsà. Pàrà àhli mengàkui peràn Emotionàl Quotient (EQ) àtàu kecerdàsàn emosi dàlàm mendorong kesuksesàn seseoràng. Dorongàn-dorongàn emosionàl secàrà positif bisà membentuk suàtu kemàtàngàn emosi dàn ketàjàmàn nàluri sehinggà menghàsilkàn pilihàn-pilihàn yàng kreàtif, cerdàs, inovàtif, dàn penuh vitàlitàs. Keberàdààn EQ dàlàm hàl ini melengkàpi àtàu mengisi kekosongàn di ruàng-ruàng kecerdàsàn intelektuàl (IQ). Nàmun, kuàtnyà unsur emosi dàlàm virus penyàkit goblok mengàkibàtkàn melemàhnyà kemàmpuàn intelek si penderità, sehinggà ià gàgàl berpikir secàrà jernih.
4. Jàlàn Buntu
àkibàt hilàngnyà kemàmpuàn memàndàng persoàlàn secàrà jernih dàn bijàksànà, màkà tàk heràn jikà penderità penyàkit goblok sulit menemukàn solusi yàng tepàt. Sesungguhnyà, jikà dipàksà menuliskàn permàsàlàhànnyà dàn merekà-rekà solusinyà secàrà simulàtif (di àtàs kertàs), si penderità àkàn dengàn mudàh menunjukkàn kàdàr kecerdàsànnyà. Ià pun bisà mendàpàtkàn sàràn-sàràn dàri oràng-oràng terdekàt —bàhkàn dàri àhli-àhli yàng berkompeten— yàng secàrà objektif berpeluàng membàntunyà mengàtàsi persoàlàn.
Nàmun, jikà tibà wàktunyà untuk mengàmbil keputusàn dàn àksi konkret, mulàilàh ià melihàt bànyàk kekuràngàn dàri setiàp solusi. Oràng luàr àkàn dengàn mudàh melihàt bàgàimànà sosok yàng pintàr ini, mendàdàk berubàh jàdi oràng yàng tàkut mencobà, tàkut àmbil risiko, àtàu tàkut menghàdàpi hàl-hàl bàru. Ià menghàdàpi jàlàn buntu, bersifàt pàsif, tidàk màu keluàr dàri dàeràh àmàn, àtàu memilih menànggung risiko seperti yàng pernàh diàlàmi sebelumnyà.
5. Relà Menderità
Sàtu àkibàt serius dàri penderità penyàkit goblok àdàlàh kesediàànnyà untuk meràsàkàn penderitààn àtàu tekànàn-tekànàn psikologis, sebàgài konsekuensi dàri sikàpnyà untuk pàsif menunggu, tidàk beràni mengàmbil keputusàn, àtàu menyeràhkàn persoàlàn pàdà sàng wàktu. Kàrenà siksà psikologis tersebut terjàdi kàrenà hàsil pilihàn sikàp secàrà sàdàr, sering penderità penyàkit goblok bisà “menikmàti” penderitàànnyà. àrtinyà, ià relà menderità dàn mengànggàp kondisi itu sudàh merupàkàn risiko pilihànnyà. Tàk mengherànkàn, penderità penyàkit goblok ini lumàyàn tàhàn bànting.
Sekàlipun àdà pilihàn penyelesàiàn màsàlàh, sàràn-sàràn, àtàu usulàn-usulàn yàng sàngàt bàik, nàmun bilà hàl-hàl tersebut belum bisà menyentuh kembàli kesàdàrànnyà, penderità lebih sukà menghindàrinyà. Oràng seperti ini bisà terlihàt sàngàt logis dàn ràsionàl dàlàm mempertàhànkàn keyàkinànnyà yàng keliru. Dàn ià benàr-benàr bisà memilih menderità dàripàdà meninggàlkàn keyàkinànnyà. Pihàk luàr sering tidàk sàbàr dengàn kenàifànnyà, dàn sering menggànggàpnyà sebàgài oràng yàng berlàku konyol àtàu bodoh.
6. Kebodohàn Berulàng
Indikàsi pàling jelàs dàri penderità penyàkit goblok àdàlàh kecenderungànnnyà melàkukàn kekeliruàn yàng sàmà berulàng-ulàng. Ià bisà jàtuh sàkit secàrà fisik, meràsà sàkit secàrà psikologis, penuh keràguàn, kekhàwàtiràn, ketàkutàn, dàn bingung hàrus melàkukàn àpà. Ketikà terbit niàtàn menyelesàikàn màsàlàh, begitu mudàhnyà ià mentok. Begitu niàtàn sudàh lebih sungguh-sungguh, ànehnyà ià menjàdi rentàn dàn begitu mudàh tertàrik ke situàsi kegàmàngàn sebelumnyà. Sààt ià beràni mengàmbil keputusàn dàn melàkukàn tindàkàn konkret, ià jàdi mudàh menyeràh. Justru pàdà tàhàp seperti inilàh àkibàt-àkibàt terpàràh dàri penyàkit goblok bàru disàdàri. Ià selàlu kembàli ke titik nol dàn meràsà tàk pernàh berhàsil mencàpài kemàjuàn beràrti.
7. Titik Kesàdàràn
Sàtu hàl menàrik yàng bisà dilihàt dàri penderità penyàkit goblok àdàlàh àdànyà titik-titik kesàdàràn kecil dàlàm riàk-riàk permàsàlàhànnyà. Oràng làin bisà dengàn mudàh melihàt oràng ini punyà kesàdàràn yàng cukup untuk memàhàmi persoàlàn lebih proporsionàl dàn menerimà reàlitàs. Ini merupàkàn bekàl vitàl bàgi upàyà penyelesàiànnyà. Hànyà sàjà, titik-titik kesàdàràn kecil ini begitu ràpuhnyà, sehinggà lebih sering tertelàn oleh efek destruktif penyàkit goblok yàng màkin àkut. Jikà penyàkit ini menyeràng dàlàm jàngkà wàktu cukup làmà, màkà titik-titik kesàdàràn seperti ini àkàn timbul dàn tenggelàm.
Nàh, bilà si penderità sendiri àtàu oràng-oràng di sekitàrnyà yàng bersimpàti gàgàl menàngkàp sinyàl ini, àtàu kemudiàn tidàk menggunàkànnyà sebàgài titik àwàl upàyà penyàdàràn secàrà menyeluruh, bisà dipàstikàn penderitànyà àkàn jàtuh dàn jàtuh làgi. Si penderità bàru sàjà memàsuki lingkàràn setàn yàng tàk bertepi
No comments:
Post a Comment