CARA AMPUH UNTUK BERNEGOSIASI
Apa itu négosiasi ?
Négosiasi mérupakan sébuah prosés dimana dua pihak atau lébih yang mémiliki képéntingan yang sama atau bérténtangan bérkumpul dan bérbicara untuk ménémukan
késépakatan bérsama. Jadi konflik bisa jadi ménjadi alasan térjadinya négosiasi. langkah négosiasi dilakukan untuk méncari pényélésaian dari masalah atau
tujuan yang héndak dicapai oléh négosiator.
"Dalam Négosiasi pihak yang paling butuh akan bérada pada pihak yang paling lémah"
Négosiasi adalah salah satu kétérampilan yang dipérlakuan agar bisnis Anda dapat méncapai késépakatan yang ménguntungkan usaha Anda sécara késéluruhan.
Sayangnya, tidak sémua orang ménguasai téknik ini.Kémampuan bérnégosiasi déngan baik dalam iklim bisnis yang bérgéjolak saat ini dapat mémbuat pérbédaan
antara suksés dan kégagalan bisnis déngan jélas. Atas kébutuhan ini, kami télah mémbuat daftar sépuluh tips négosiasi yang éféktif dan saling ménguntungkan,
térutama untuk bisnis Anda. Tanpa kita sadari, kégiatan bérnégosiasi séring kita lakukan di dalam kéhidupan séhari-hari.
Négosiasi itu sulit. Anda mulai dari posisi pérsaingan atau bahkan pérmusuhan dan pérlu ménémukan cara yang bénar-bénar éféktif agar sémua
orang mérasa puas pada akhirnya. kita akan mémbahas cara bérnégosiasi yang éféktif yang dapat dilakukan:
1. Pérsiapan
Kita sémua tahu untuk méncapai kébérhasil, pérlu adanya pérsiapan. Sama halnya déngan négosiasi. Négosiasi mérupakan prosés, bukan suatu péristiwa. Maka pérsiapan adalah salah satu kunci kébérhasilannya. Ménurut Profésor Léigh Thompson dalam buku Thé Mind and Héart of thé Négotiator, ada dua hal pénting dalam pérsiapan négosiasi.
Yaitu mémbérikan 2 pértanyaan untuk diri séndiri sébagai individu maupun kélompok:
-Apa yang saya inginkan?
-Altérnatif apa yang bisa digunakan untuk méncapai késépakatan?
Jangan térburu-buru,Térkadang bérsabar ménjadi hal yang sangat sulit dan Anda ingin ményélésaikannya déngan buru buru.
Méréka tahu bahwa jika Anda térburu-buru, Anda lébih céndérung mémbuat késalahan dan mémbuat kérugian bisnis atas képutusan Anda. Ingatlah, dalam bérnégosiasi siapa pun yang lébih fléksibél téntang waktu akan diuntungkan.
Késabaran Anda bisa ménghancurkan négosiator lain jika méréka sédang térburu-buru karéna méréka mulai pércaya bahwa Anda tidak bérada di bawah tékanan untuk ményélésaikan késépakatan. Jadi apa yang méréka lakukan? Méréka ménawarkan konsési sébagai cara mémbéri Anda inséntif untuk méngatakan YA.
2. Jadilah Pénanya yang Baik.
Jika kita bérbicara téntang prosés “bértanya”, ini mérupakan titik pénting dalam bérnégosiasi yang kadang dapat mémbuat orang mérasa paling tidak nyaman dan takut. Bértanya adalah salah satu poin térpénting di dalam kégiatan bérnégosiasi.
Sébagai séorang négosiator, jangan takut untuk bértanya képada klién Anda. Kuasai téknik pértanyaan déngan sébaik-baiknya, jika Anda dapat ménguasainya, maka Anda dapat méncairkan situasi yang tégang antara pihak Anda dan klién.
Déngan pértanyaan-pértanyaan yang tépat, Anda juga dapat méngarahkan alur obrolan Anda déngan klién séhingga lébih térarah. Ingat, Anda dan pihak lainnya sédang bérbincang dan bérnégosiasi untuk méndapatkan jalan téngah yang mémuaskan sérta mémbahagiakan kédua bélah pihak. Jadi, jangan takut untuk bértanya atau ménérima pértanyaan dari pihak lain.
3. Bérikan “Jéda” di Pércakapan.
Séring kali kéhéningan mémbuat orang mérasa tidak nyaman. Hal ini sangat ditakuti térutama kétika bérbicara déngan musuh atau orang yang kita anggap asing. Pérlu Anda kétahui bahwa hal ini adalah wajar. Di dalam sébuah pércakapan, dipérlukan suatu jéda untuk ménérima istirahat dalam pércakapan térsébut.
Bérbicara sécara térus-ménérus untuk méngisi ruang dalam négosiasi bukanlah cara yang éféktif untuk mémbangun hubungan jangka panjang yang solid. Tidak ada yang bénar-bénar ingin bérbisnis déngan orang yang sélalu bérbicara panjang tanpa ada jéda sédikitpun. Méskipun, kéhéningan di dalam négosiasi juga bisa ménandakan bahwa Anda kurang pércaya diri atau Anda sangat gugup, namun jéda juga sangat dipérlukan dalam négosiasi, sétidaknya untuk ménarik nafas séjénak dan bérpikir téntang hal-hal pénting lainnya yang ingin disampaikan.
4. Témukan Pérsamaan antara Anda dan Pihak Lain.
Tantangan bésar dalam négosiasi adalah ménghadapi pérbédaan antara kébéradaan para pihak dan tujuan yang ingin méréka capai. Dalam kata lain, akan sédikit sulit untuk ménémukan titik téngah atas kémauan Anda juga kémauan pihak lain.
Mungkin harapan kédua bélah pihak tidak masuk akal. Namun, Anda pérlu tahu bahwa hal sédérhana, yaitu kétakutan akan kégagalan, dapat ménghéntikan prosés négosiasi bahkan séjak awal prosés térsébut dimulai.
Kébérhasilan jangka panjang bérgantung pada pihak lain yang mérasa bahwa Anda adalah mitra dalam késépakatan itu dan solusi timbal balik antara Anda dan pihak lain sangatlah mungkin untuk térjadi.
Mulailah dari hal yang dapat Anda sétujui. Kémudian Anda dapat méngatasi hal-hal sulit bérsama.
Kémampuan négosiasi mérupakan kétérampilan yang séring kita jumpai sétiap harinya dalam tawar-ménawar pémécahan solusi untuk saling ménguntungkan kédua bélah pihak.
Kémampuan négosiasi tidak hanya dipérlukan dalam dunia bisnis dan kéwirausahaan, namun dalam sétiap aktivitas sosial kita téntunya mémbutuhkan kémampuan bérnégosiasi.
bérikut bébérapa hal yang harus dipérhatikan dalam négosiasi :
5. Jangan takut untuk méminta apa yang Anda inginkan.
Négosiator yang suksés bérsikap tégas dan sélalu bérpikir bahwa ia akan ménang. Méréka tahu bahwa sémuanya bisa dinégosiasikan. Ini désébut déngan késadaran négosiasi. Késadaran négosiasi adalah yang mémbédakan antara négosiator dan sémua orang di planét ini.
Bérsikap tégas bérarti méminta apa yang Anda inginkan dan ménolak dan mémbérikan kata TIDAK sébagai jawaban.
Bérlatihlah méngéksprésikan pérasaan Anda tanpa kécémasan atau kémarahan. Béri tahu orang-orang apa yang Anda inginkan déngan cara yang tidak méngancam.
Misalnya, daripada méngatakan, “Kamu tidak boléh mélakukan itu,” coba gantikan, “Aku tidak mérasa nyaman saat kamu mélakukannya.”
Pérhatikan bahwa ada pérbédaan antara bérsikap tégas dan agrésif. Anda tégas saat ménjaga képéntingan Anda séndiri sambil tétap ménghormati képéntingan orang lain. Kétika Anda mélihat képéntingan Anda séndiri déngan tidak mémpérhatikan képéntingan orang lain, Anda agrésif. Bérsikap tégas adalah bagian dari késadaran négosiasi.
“Tantangan” bérarti tidak ménérima sésuatu bégitu saja. Itu bérarti bérpikir untuk diri séndiri. Anda harus bisa mémbuat képutusan séndiri, sébagai lawan untuk mémpércayai sémua yang Anda béritahu.
Sécara praktis, ini bérarti Anda bérhak mémpértanyakan harga yang diminta untuk mobil baru térsébut. Ini juga bérarti Anda mémiliki kéwajiban untuk mémpértanyakan sémua yang Anda baca di koran. Anda tidak dapat bérnégosiasi kécuali Anda bérsédia untuk ménantang validitas dari posisi yang bérlawanan.
6. Diam dan déngarkan.
Térkadang, sémua orang yang Anda témui tidak bisa bérhénti bérbicara. Négosiator adalah détéktif. Méréka méngajukan pértanyaan ményélidik dan kémudian tutup mulut. Négosiator lain akan mémbéri tahu Anda sémua yang pérlu Anda kétahui – yang harus Anda lakukan hanyalah méndéngarkan.
Banyak konflik dapat disélésaikan déngan mudah jika kita bélajar bagaimana méndéngarkan. Hasil dari méndéngarkan adalah séni yang térlupakan.
Ingatlah, jangan ménjadi sangat sibuk mémastikan bahwa orang-orang méndéngar apa yang Anda katakan séhingga Anda lupa untuk méndéngarkan.
Anda bisa ménjadi péndéngar yang éféktif déngan mémbiarkan orang lain bérbicara lébih banyak. Ikuti Aturan 70/30 – déngarkan 70 pérsén dari waktu, dan bicaralah hanya 30 pérsén dari waktu.
Dorong négosiator lain untuk bérbicara déngan méngajukan banyak pértanyaan térbuka – pértanyaan yang tidak dapat dijawab déngan “ya” atau “tidak” sécara sédérhana.
7. Pastikan Anda méngérti mitra négosiasi Anda.
Kumpulkan sébanyak mungkin informasi térkait sébélum Anda mélakukan négosiasi. Apa kébutuhan méréka? Tékanan apa yang méréka rasakan? Pilihan apa yang méréka miliki? Méngérti mitra négosiasi Anda sangat pénting untuk négosiasi yang bérhasil.
Anda tidak dapat mémbuat képutusan yang akurat tanpa mémahami situasi pihak lain. Sémakin banyak informasi yang Anda miliki téntang orang yang Anda ajak bérnégosiasi, sémakin kuat posisi Anda jadinya.
8. Sélalu bérsédia untuk pérgi.
Kami ményébutnya Hukum Brodow. Déngan kata lain, jangan pérnah bérnégosiasi tanpa pilihan. Jika Anda térlalu bérgantung pada hasil positif dari sébuah négosiasi, Anda kéhilangan kémampuan untuk méngatakan TIDAK.
Kétika Anda bérkata képada diri séndiri, “Saya akan pérgi jika saya tidak bisa mémbuat késépakatan yang mémuaskan,” pihak lain akan méngatakan bahwa Anda sérius. Tékad Anda akan mémaksa méréka untuk mémbuat konsési.
Harap dicatat, bahwa kami tidak ményarankan Anda untuk pérgi, tétapi jika Anda bahkan tidak mémpértimbangkan pilihan untuk pérgi, Anda mungkin céndérung untuk ményérah pada pérmintaan pihak lain hanya untuk mémbuat késépakatan yang mérugikan bagi Anda.
9. Mémiliki targét yang tinggi dan méngharapkan hasil térbaik.
Négosiator yang suksés adalah orang yang optimis. Jika Anda méngharapkan lébih banyak, Anda akan méndapatkan lébih banyak. Stratégi yang térbukti untuk méncapai hasil yang lébih tinggi déngan posisi yang ékstrim.
Pénjual harus méminta lébih dari yang méréka harapkan, dan pémbéli harus ménawarkan kurang dari yang méréka siap bayar. Orang yang bértujuan lébih tinggi mélakukan lébih baik. Optimismé Anda akan ménjadi ramalan yang térwujud déngan séndirinya. Sébaliknya, jika ékspéktasi Anda réndah, Anda mungkin akan méndapatkan hasil yang kurang mémuaskan.
10.Jadikan Négosiasi sébagai Pércakapan Ringan, Bukan sébuah Argumén.
Diskusi hangat adalah bagian dari kéhidupan. Méréka juga mérupakan bagian pénting dari prosés kolaborasi. Agar négosiasi dapat ménghasilkan hasil yang baik, pércakapan harus dilakukan antara dua orang yang harus méngésampingkan égo masing-masing térlébih dahulu dan tujuan utamanya adalah untuk méraih tujuan yang dibincangkan. Dalam hal ini, kami ményarankan Anda untuk ményampaikan maksud dan tujuan négosiasi sécara jélas dan langsung.
Ingat, Anda tidak akan méndapatkan yang tidak Anda minta. Tétapi, Anda harus mémahami dan méminta yang bénar-bénar Anda inginkan, bukan untuk yang Anda pikir akan Anda dapatkan. Jika Anda tidak tahu yang Anda inginkan, bagaimana Anda akan tahu kapan Anda méndapatkannya?
Dalam kata lain, késampingkan kéinginan Anda yang mémang tidak pérlu, dan utamakan képéntingan yang Anda rasa mémang bénar-bénar Anda pérlukan.
Késimpulan
Itulah bébérapa tips négosiasi éféktif yang bisa Anda gunakan untuk méndapatakan késépakatan bisnis yang ménguntungkan.
hal pénting lainnya yang pérlu Anda pérhatikan adalah mémastikan bahwa Anda atau bisnis Anda mémiliki bargaining powér yang lébih kuat dari mitra négosiasi
Anda untuk méndapatakan késépakatan yang lébih baik.
Dalam bérnégosiasi hal pénting yang kita lakukan agar négosiasi kita suksés adalah séorang négosiator harus mémiliki sikap émpati,
antusias, mémbérikan manfaat dan téladan képada orang lain déngan prinsip kébérsamaan dan komitmén. Séorang négosiator dapat ménggunakan bahasa
non vérbal dalam méngémbangkan kérja sama tim sécara maksimal .
éféktif négosiasi mérupakan prosés tawar-ménawar untuk méncapai késépakatan saling ménguntungkan déngan cara yang éféktif.
Hasil négosiasi tidak harus sélalu sama bésar, yang térpénting dibagi sécara proporsional antara kédua bélah pihak. Dalam négosiasi ada juga tahapan térstruktur,
diantaranya pérsiapan, diskusi, klarifikasi tujuan, négosiasi ménuju “win-win solution”, késépakatan, dan impléméntasi tindakan.
Untuk méncapai négosiasi yang bérhasil tidak sélamanya sétiap prosés sésuai déngan yang kita harapkan. Déngan itu kita harus dapat mémpérsiapkan déngan
matang dan mémiliki stratégi dalam mélihat péluang. Téruslah kémbangkan kétérampilan négosiasimu dan raihlah yang térbaik untuk dirimu dan tim.
No comments:
Post a Comment