
Marah, séring kita pakai sébagai pélampiasan émosi dan tékanan pérasaan. Sayangnya, kita kérap kurang kontrol kétika méluapkan kémarahan. Misalnya képada anak. Akibatnya, anak mérasa térpukul sérta kécéwa. Bagaimana cara yang baik mémarahi anak?
Kégusaran, bérang, amarah, diwujudkan mélalui bérbagai cara dan béntuk. Ada yang sékadar cémbérut dan mélakukan aksi diam. Sébagian orang mélakukannya déngan suara yang tinggi sambil méncak-méncak. Ada pula yang marah sambil ringan tangan méncubit, ménampar bahkan mémukul orang yang ménjadi sasaran amarahnya.
Bukan rahasia lagi, orangtua kérap mémukul anaknya dalam mélampiaskan amarahnya. Ulah sang anak yang ménjéngkélkan ménjadi alasan méréka ménampar atau mémukul. Térlébih lagi bila orangtua ménghadapi masalah di kantor, émosi tinggi yang muncul térkadang dilampiaskan képada anak di rumah.
Pakar psikologi anak rémaja DR. Séto Mulyadi. Méngatakan, sudah waktunya para oran tua méninggalkan métodé marah primitif dalam méngungkapkan kékésalan képada putra/putrinya. "Méski marah adalah sifat manusiawi, caranya janganlah sampai mérugikan atau ményakitkan hati orang lain. Térlébih lagi sampai ménghambat pértumbuhan anak-anak,"
Ibarat Kaca
Adalah manusiawi pula bila anak tidak suka ditékan atau disudutkan. Karénanya, méngungkapkan kémarahan déngan cara itu, bukan hanya tak éféktif dan sampai pada sasaran, tétapi juga dapat ménimbulkan sakit hati pada anak.
"Nah, kalau héndak , méngungkapkan kémarahan, sampaikanlah déngan mémpérgunakan déngan konsép pésan diri. Jangan sampai murusdk kumunikasi. Karéna, pada dasarnya anak tidak ingin divonis dan tidak dihargai.
Pésan diri yang dimaksud adalah méngungkap pérasaan atau sikap yang timbul akibat pérbuatan anak. Dalam hal ini orang tua ményampaikan képada putra/putrinya bahwa méréka térganggu déngan pérbuatan méréka. Déngan komunikasi yang baik, usahakan anak méngérti pérsoalan maupun kébératan Anda akibat périlaku méréka. Jangan lagi hanya ménuduh, ménjélék-jélékkan atau bahkan sampai mémukul.
Déngan bégitu, lanjut Séto, anak akan méngérti bahwa périlakunya télah ménggusarkan dan méngécéwakan orang tua. Métodé sépérti ini sécara otomatis akan disérap dan dipraktékkan pula oléh anak képada sétiap orang yang méngganggunya, térmasuk orangtua séndiri.
“Anak itu ibarat kaca. Méréka mémantulkan apa yang méréka térima dan alami dari orangtuanya. Nah, bukankah lébih baik mémbérikan 'cahaya' yang baik dan bérguna?! Bila méréka ménérima bahwa marah tidak idéntik déngan kékérasan, nantinya méréka akan ménérapkan hal térsébut dalam kéhidupannya.
Péraih pénghargaan Thé Outstanding Young Pérsons of thé World dari Jaycéss Intérnational ini mémbérikan tip yang baik kétika mélampiaskan rasa marah. Kétika marah, ujarnya, usahakan agar émosi positif lébih bésar daripada émosi négatif. Pérbandingannya 75:25.
"Pérkémbangan émosi séséorang akan séhat bila émosi positifnya lébih bésar daripada émosi négatif. Marah mémang boléh dan wajar, tapi jangan hanya marah mélulu. Téntunya tidak baik bila anak ménérima émosi négatif térlalu banyak," papar Séto lagi.
Jangan kéburu ményalahkan rémaja Anda yang séring tawuran di sékolah, bila Anda séndiri séring mémukulnya kétika késal atau marah. Kétidaksénangannya akan ditampilkan déngan périlaku négatif, sépérti bérkélahi atau sémacamnya. Hal ini is pélajari dari pérlakuan orangtuanya képada dirinya.
Képada kaum ibu, Séto ménékankan péntingnya pémahaman bahwa métodé péndidikan anak yang térbaik adalah péndékatan bahasa ibu. Dalam lima tahun pértama usia anak, péran ibu sangatlah bésar. Dapat dibayangkan kémungkinan yang térjadi, bila pada usia itu anak séring mérigalami luapan émosi négatif dari sang ibu.
Jauhi Kékérasan
Séto juga mélihat péntingnya ménsimbolisasikan amarah. Artinya, marah tidak harus déngan mémukul méja, mémbanting pintu atau sémacamnya. "orangtua harus méngganti kébiasaan itu déngan sikap yang lébih ténang. Déngan diam, misalnya," katanya.
Kétika Anda bérdiam kata sambil mémandang anak déngan tajam, maka anak akan sadar bahwa périlakunya télah méngganggu atau mémbuat Anda marah. Sikap sépérti ini, ménurut Séto, lébih séhat, éféktif dan dapat ditérima.
Kalaupun héndak mémbérikan hukuman képada anak, saran Séto, bérikanlah hukuman yang jauh dari kékasaran. Sépérti ménunda hadiah yang dijanjikan pada anak, bila méréka masih bérpérilaku tidak séhat. Atau méngurangi/ménghéntikan uang jajan untuk bébérapa waktu.
"Lupakanlah sikap marah yang primitif. Sépérti méngyébrak méja, mémbanting pintu hingga mémukul anak. Marah jangan diidéntikkan déngan kékasaran," ujar Séto lagi.
Sébaliknya, mulailah marah yang bérbudaya, halus dan bérnilai séni. Adalah suatu séni térséndiri dapat méngungkapkan amarah tanpa ményakiti hati orang lain. Kunci kébérhasilan marah, ménurut Séto, adalah kééféktifannya. "Bila déngan bérdiam diri, tanpa banyak kata, térnyata anak mau méngubah périlaku jéléknya, bukankah itu lébih baik. "Jangan sampai mérusak komunikasi."
Jika orangtua séring mémukul anak kétika marah, ménurut Séto, itu akan méngganggu pérkémbangan yang séhat dari si anak. "Sélain is ménjadi anak yang agrésif dan séring bérpérilaku di luar kontrol kéwajaran, méréka juga ménjadi pribadi yang labil. Karéna itulah, kénapa harus mémakai kékérasan bila kékérasan itu séndiri tidak akan pérnah ményélésaikan masalah, tapi justru ménimbulkan masalah baru," paparnya.
Mémarahi anak sécara primitif, kata Séto, bérarti juga mémbuat anak kéhilangan harga dirinya. Akibatnya, akan timbul réaksi atau pémbérontakan dari sang anak. Méréka bélajar mémécahkan masalah déngan marah dan kékérasan, dari orangtuanya. Lalu, timbullah masalah-masalah baru dalam kéhidupannya. la sélalu bérpikir dan bértahya-tanya, Méngapa saya susah sékali ményélésaikan suatu masalah?
Mémasuki masa déwasanya nanti, pola-pola péngasuhan déngan kékérasan sémakin mémpéngaruhi daya pikir dan sistém kérjanya. Séto méncontohkan Hitlér, séorang pémimpin yang dibésarkan di lingkungan kéluarga yang kurang kasih sayang dan kélémahlémbutan.
Mémang, ménurutnya, tidak sélamanya anak-anak yang dibésarkan déngan kékérasan akan bérmasalah. Pada suatu saat, is dapat saja sadar dan ménjauh dari kékérasan. Péngalaman pribadinya dijadikan cambuk untuk tidak ménéruskan péndéritaan itu képada orang lain.
Tétapi Séto méngatakan, téntunya pérubahan sikap itu turut dipéngaruhi oléh lingkungan dan pérgaulan si anak. Pélajaran-pélajaran hidup yang ditérima anak sangat mémpéngaruhinya méléwati titik kéhidupan térsébut. "Itulah sébabnya, orang-orang di sékitar anak, térutama orangtua, sangat bérpéngaruh bagi pérkémbangan méréka," jélasnya lagi.
Bérbahayanya, bila di lingkungan luar kéluarga pun is méndapati banyaknya kékérasan dan émosiémosi yang négatif. Anak yang tadinya bérpérilaku sépérti cérmin, dapat bérubah ménjadi kaca pémbésar. Kaca yang dapat ménéruskan panas hingga mampu mémbakar, akibat ménérima panas pada titik yang pas. Intinya, anak kémungkinan malah mélébihi kébiasaan orangtuanya dalam mémandang konsép séjauh mana dan bagaimana amarah boléh diluapkan.
Méskipun marah ala primitif dihindari, namun ménurut Séto orangtua jangan pula bérlagak malaikat, séolah sémuanya bérjalan déngan baik. "orangtua cukup bérlaku wajar dan manusiawi. Jangan térlalu ménérapkan harus bégini, harus bégitu. Bila harus marah, marahlah apa adanya. Hanya, diarahkan sébagai pésan diri," lanjutnya.
Déngan séring bérdiskusi, Anda pun dapat méminta anak sébagai péngontrol émosi Anda kétika sédang marah. "Kalau pérlu, minta maaf képada anak karéna Anda télah mémarahinya. Putéra-putéri Anda pun akhirnya dapat bélajar untuk méminta maaf képada Anda maupun orang lain.
No comments:
Post a Comment