CARA MERESPOS LAWAN BICARA
Setiàp àndà àdàlàh komunikàtor. àndà telàh menjàdi komunikàtor sejàk àndà làhir. Sebàgài komunikàtor, àndà mulài memànfààtkàn bentuk komunikàsi verbàl dàn lisàn, sààt àndà mulài bisà berbicàrà. Itu mungkin sààt àndà menginjàk usià 1,5 àtàu 2 tàhun. Jàdi, jàm bicàrà àndà pàsti sudàh tinggi. Mungkin 20 sàmpài 40 tàhunàn, betul bukàn?
Pernàhkàn àndà memperhàtikàn diri àndà sendiri, dàn kemudiàn menyimpulkàn, bàgàimànà kebiàsààn dàn gàyà àndà sààt berbicàrà dengàn oràng làin? Bàgàimànà àndà merespon làwàn bicàrà àndà? Secàrà umum, kebiàsààn dàn gàyà àndà itulàh yàng "menciptàkàn" àndà sààt ini. Itulàh diri àndà sebàgài komunikàtor. Bàhkàn, itulàh diri àndà sebàgài mànusià sosiàl seutuhnyà.
àdà limà gàyà yàng mendàsàr, dàlàm merespon komunikàsi dàri oràng yàng àndà dengàr bicàrànyà.
1. MENASEHETI DàN MENGEVALUASI
Yàitu kebiàsààn merespon komunikàsi, dengàn kecenderungàn menàsehàti dàn mengevàluàsi làwàn bicàrà. Di sàtu sisi, gàyà ini àdàlàh gàyà yàng pàling umum ditemui. Di sisi yàng làin, gàyà ini justru merupàkàn gàyà yàng pàling rendàh nilài kontribusinyà, untuk efektifitàs berkomunikàsi. Jàdi bisà kità bàyàngkàn, betàpà kità selàmà ini sàngàt tidàk efektif dàlàm berkomunikàsi.
Gàyà ini dàpàt:
Menciptàkàn sensàsi bàhwà pendengàr telàh mendisàin responnyà secàrà tidàk àlàmiàh, dàn sekàligus mengungkàpkàn bàhwà pendengàr kuràng cukup menyimàk.
Mengindikàsikàn bàhwà pendengàr meràsà superior dibànding pembicàrà, dàn àkhirnyà membuàt pembicàrà meràsà inferior.
Menjàdi càrà yàng efektif, justru untuk menghindàr àtàu tidàk terlibàt dengàn pembicàrà àtàu persoàlàn pembicàrà. Jikà àndà terperosok untuk mengevàluàsi dàn memberi nàsehàt tànpà dimintà, màkà àndà justru bukàn ingin menolongnyà, melàinkàn ingin segerà lepàs dàri persoàlànnyà.
Contoh:
"Kàmu selàlu sàjà membeli bàràng impor! àpà yàng perlu kàmu beli àdàlàh bàràng yàng àsli buàtàn Indonesià, toh kuàlitàsnyà jugà tidàk kàlàh."
"Sepertinyà àndà terjebàk dàn terikàt dàlàm persoàlàn itu. àpà yàng perlu kàmu làkukàn àdàlàh berupàyà melàkukàn àktivitàs làin, dàn berkenàlàn dengàn oràng bànyàk, dàn membinà hubungàn-hubungàn yàng bàru."
Gàyà ini cocok untuk:
Situàsi bicàrà di mànà pembicàrà memàng memintà nàsehàt dàn evàluàsi dàri pendengàr.
2. MENGANALISIS DàN MENGINTERPRETàSI
Dengàn gàyà ini, pendengàr cenderung "menggurui" àtàu "ingin menjàdi guru". Dengàn gàyà ini, pendengàr mencobà mengàtàkàn persoàlàn yàng dihàdàpi làwàn bicàrànyà, àtàu bàhkàn mengàtàkàn tentàng peràsààn làwàn bicàrà tersebut, berkàitàn dengàn suàtu persoàlàn.
Gàyà ini dàpàt:
Membuàt pembicàrà mengàktifkàn mode bertàhàn.
Memàtikàn semàngàt pembicàrà untuk lebih jàuh menceritàkàn pikiràn dàn peràsàànnyà.
Mengimplikàsikàn bàhwà pendengàr meràsà lebih tàhu tentàng isu yàng dibicàràkàn, ketimbàng pembicàrà itu sendiri.
Contoh:
"àpà yàng àndà kerjàkàn mungkin membuàt àndà bosàn, dàn dengàn demikiàn àndà terus-menerus melàkukàn penundààn."
"Pernàhkàh kàmu berpikir bàhwà kàmu benàr-benàr màràh, dàn itulàh sebàbnyà kàmu menjàdi depresi? Sebàb kàmu tàhu, depresi àdàlàh sebentuk kemàràhàn pàdà diri sendiri."
Gàyà ini cocok untuk:
Situàsi bicàrà di mànà pembicàrà tidàk dàpàt menentukàn àtàu memutuskàn peràsàànnyà, àtàu pembicàrà memàng memintà interpretàsi dàri pendengàrnyà.
3. MEMPERKUAT DàN MENDUKUNG
Gàyà ini biàsànyà dibàwàkàn untuk menunjukkàn, bàhwà pendengàr menàruh simpàti pàdà persoàlàn pembicàrà. Pendengàr ingin lebih meyàkinkàn sebàgài pendengàr, dàn ingin membàntu menurunkàn intensitàs peràsààn yàng diàlàmi pembicàrà.
Gàyà ini dàpàt:
(Justru) mengàbàikàn peràsààn pembicàrà yàng sesungguhnyà.
Mengungkàpkàn bàhwà pendengàr sebenàrnyà berkàtà, "Tidàk semestinyà kàmu berperàsààn seperti ini."
Mengkomunikàsikàn àdànyà kesenjàngàn minàt àtàu ràsà pengertiàn yàng murni dàri pendengàr.
Contoh:
"Nggàk usàh terlàlu dipikirin. Telàt itu màh udàh biàsà kok. Ini kàn Indonesià."
"Oràngtuà kàmu pàsti àkàn mengerti kàlo kàmu menjelàskànnyà."
Gàyà ini cocok untuk:
Situàsi bicàrà di mànà pembicàrà mengindikàsikàn kebutuhàn untuk didukung dàn diyàkinkàn, àtàu pembicàrà memàng memintà pertolongàn dàlàm ràngkà mengubàh perilàkunyà.
4. BERTANYA DàN PROBING
Menànyàkàn pertànyààn klàrifikàsi, dàpàt mengindikàsikàn bàhwà pendengàr menginginkàn informàsi lebih jàuh tentàng suàtu isu. Probing -- pertànyààn yàng menggiring, jikà dilàkukàn terlàlu dini àtàu terlàlu sering, àkàn mendorong pembicàrà mengikuti àlur berpikir tertentu, àtàu menjebàknyà pàdà kesimpulàn yàng sesuài dengàn kehendàk pendengàr.
Gàyà ini dàpàt:
Mendistràksi pemàhàmàn pendengàr, dàri àpà yàng sesungguhnyà dikàtàkàn oleh pembicàrà.
Mengàràhkàn komentàr pembicàrà, ke àràh yàng diinginkàn oleh pendengàr.
Memunculkàn informàsi yàng relevàn, dàn menyingkirkàn informàsi yàng tidàk relevàn.
Menempàtkàn pembicàrà ke dàlàm mode bertàhàn, bilà dibàwàkàn dengàn pertànyààn yàng berbàsis "mengàpà?".
Contoh:
"Bisàkàh àndà ceritàkàn lebih jàuh tentàng hàl itu?"
"Mengàpà àndà terus melàkukànnyà, pàdàhàl àndà tàhu itu tidàk bàik untuk àndà?"
"àpà olàh ràgà fàvorit àndà? Beràpà bànyàk wàktu yàng àndà sisihkàn untuk melàkukànnyà? àpàkàh àndà cukup bàik melàkukànnyà? Dengàn siàpà àndà melàkukànnyà?"
Gàyà ini cocok untuk:
Situàsi bicàrà di mànà pendengàr memàng benàr-benàr ingin mengerti, àpà yàng dikàtàkàn àtàu dimàksud oleh pembicàrà.
Mendorong pembicàrà mengembàngkàn àpà yàng ingin dikàtàkànnyà, jikà pendengàr menggunàkàn pertànyààn-pertànyààn yàng terbukà. Bukàn hànyà sekedàr "yà" àtàu "tidàk".
Mengklàrifikàsi 5W dàn 1H dàri komentàr pembicàrà.
5. MENGERTI DàN PARAPHRASING
Respon ini àdàlàh respon yàng pàling sulit dilàkukàn. Respon ini menuntut keàhliàn yàng tinggi untuk mendengàr secàrà àktif. Respon ini merupàkàn ungkàpàn dàri keinginàn pendengàr, untuk benàr-benàr memàhàmi pikiràn dàn peràsààn pembicàrà.
Gàyà ini dàpàt:
Meyàkinkàn pembicàrà bàhwà pendengàr memàng menyimàk dàn mengerti.
Membàntu pembicàrà mengklàrifikàsi dàn mengerti àpà yàng telàh dikàtàkànnyà.
Menciptàkàn efek nyàmàn dàn tenàng.
Contoh:
"Màri kità lihàt àpàkàh Sàyà sudàh menàngkàp dengàn benàr. àndà meràsà depresi kàrenà àndà tidàk puàs dengàn pekerjààn àndà. àndà berpikir bàhwà bersekolàh làgi àdàlàh suàtu pilihàn yàng bàgus, dàn àndà bingung hàrus bàgàimànà. Begitu?"
"àndà meràsà màràh kàrenà kàkàkmu menggodà kàmu. Kàmu ingin ià berhenti menggodà, sehinggà kàmu tidàk perlu meràsà dipermàlukàn. Begitu yà?"
Gàyà ini cocok untuk:
Situàsi bicàrà di mànà pendengàr meràsà kuràng mengerti secàrà lengkàp, àpà yàng dibicàràkàn oleh pembicàrà.
Situàsi bicàrà di mànà pendengàr ingin mengklàrifikàsi dàn mendàpàt gàmbàràn menyeluruh dàri àpà yàng didengàrnyà.
Membàntu pembicàrà dàlàm memperjelàs tentàng àpà yàng dibicàràkànnyà.
Mencàpài pemàhàmàn yàng lebih dàlàm dàri sekedàr àpà yàng terucàp dàri mulut pembicàrà.
KESIMPULAN
àndà telàh melihàt dàn meràsàkàn, betàpà berkomunikàsi dengàn bàik itu beràt dàn sulit. àndà tàhu bàgàimànà susàhnyà memberi respon yàng tepàt dàn bijàk dàlàm setiàp situàsi bicàrà.
Benàr bàhwà kità perlu terus memperbàiki càrà berkomunikàsi. àdàlàh bàik jikà kità terus meningkàtkàn kuàlitàs bicàrà sehinggà lebih konstruktif.
No comments:
Post a Comment