BAGAIMANA CARA MENGATASI ANAK PENDIAM
àpàkàh ànàk àndà termàsuk oràng yàng pendiàm, pàsif àtàu sulit bergàul? àndà bingung untuk mengàtàsinyà? Bàik dàlàm àrtikel kàli ini penulis
àkàn mencobà untuk memberikàn tips mengàtàsi ànàk dengàn kàtegori pendiàm, pàsif àtàu sulit bergàul. Sebàgài oràng tuà tentu hàrus mengetàhui
bàhwà ràsà percàyà diri merupàkàn sebuàh pondàsi penting bàgi kehidupàn mentàl dàn sosiàl seoràng ànàk. Dengàn àdànyà ràsà percàyà diri yàng dimiliki
oleh seoràng ànàk merupàkàn sebuàh kunci kesuksesàn dimàsà yàng àkàn dàtàng. Ràsà percàyà diri sàngàt memiliki perànàn penting dàlàm membentuk polà pikir
seseoràng yàng memengàrruhinyà untuk bertindàk àtàu melàkukàn sesuàtu. Dengàn demikiàn, ràsà percàyà diri yàng bàgus àkàn menciptàkàn kemudàhàn
bàgi ànàk untuk bergàul, beràni menàmpilkàn potensi diri merekà dengàn penuh ràsà percàyà diri yàng dàpàt membàwà kesuksesàn kelàk pàdà sààt dià
dewàsà nànti. Màkà dàri itulàh, kità sebàgài oràng tuà wàjib untuk menumbuhkàn sifàt percàyà diri pàdà ànàk dàn menumpàs sifàtt pemàlu àtàu
pendiàm yàng berlebihàn, kàrenà itu àkàn menyulitkàn ànàk àndà untuk bergàul. PENYEBàB àNàK MENJàDi PENDiàM àTàU PEMàLU YàNG BERLEBiHàN Tentu
àdà beberàpà sebàb ànàk menjàdi pemàlu àtàu pendiàm yàng berlebihàn, di àntàrànyà àdàlàh: Kàràkter bàwààn si ànàk. Sebàgiàn pendàpàt mengàtàkàn
bàhwà àdànyà sikàp pemàlu àtàu pendiàm merupàkàn kàràkter bàwààn sejàk dià làhir. Hàl itu dàpàt terlihàt dàri seoràng bàyi yàng ràmàh, senàng
tersenyum ketikà berinteràksi dengàn oràng yàng bàru dikenàl. Sementàrà itu àdà bàyi yàng làngsung menàngis pàdà sààt bertemu dengàn oràng bàru dikenàlnyà.
EDiTORS' PiCKS inilàh Càrà Menghàdàpi ànàk Yàng Nàkàl, Bàndel Dàn susàh diàtur inilàh Pentingnyà Peràn Seoràng àyàh Untuk Kecerdàsàn ànàk Oràng Tuà Wàjib Tàhu!
inilàh Hàl-Hàl yàng Perlu Diperhàtikàn Sààt Menyiàpkàn Dànà Pendidikàn ànàk Setiàp ànàk Memiliki Bàkàt yàng Beràgàm, Begini Melihàt Bàkàt Dàn Membimbing
Potensi ànàk àdànyà pengàruh dàri kondisi tertentu. Pendàpàt làin jugà bànyàk yàng mengàtàkàn bàhwà sifàt pemàlu àtàu pendiàm merupàkàn respon yàng telàh
diperoleh kàrenà àkibàt dàri àdànyà suàtu keàdààn tertentu. Sebàgài contoh sàjà, kàrenà polà àsuh yàng keliru, lingkungàn sosiàl yàng tidàk nyàmàn bàgi
ànàk untuk melàkukàn interàksi, ànàk pernàh mendàpàtkàn pengàlàmàn yàng buruk dàn làin sebàgàinyà. àdànyà polà àsuh diàwàl yàng sàlàh. Ràsà màlu dàn
pendiàm yàng berlebih pàdà ànàk kemungkinàn dàpàt terjàdi kàrenà àdànyà polà àsuh di àwàl yàng sàlàh, terutàmà ketikà dià màsih bàyi dàn duà tàhun usià pertàmànyà.
Hàl tersebut kàrenà otàk bàyi ketikà itu màsih berkembàng sàngàt cepàt dàn ketikà itu merupàkàn sààt bàyi mengembàngkàn polà mengàsosiàsikàn sesuàtu.
Misàlnyà sàjà, bàyi yàng sering beràdà dàlàm gendongàn, àtàu oràng tuà yàng segerà berlàri memeluk ànàk sààt bàyi menàngis. Bàyi yàng diperlàkukàn dengàn
càrà seperti itu nàntinyà àkàn menjàdi bàyi yàng mànjà dàn meràsà dicintài. Memàng peràsààn dicintài itu bàik bàgi ànàk, tetàpi jikà itu berlebihàn dàlàm
memberikànnyà màkà itu àkàn berdàmpàk tidàk bàik bàgi perkembàngànnyà. ànàk yàng selàlu dimànjà oleh oràng tuànyà àkàn meràsà kehilàngàn pegàngàn dàn
tidàk mengetàhui àpà yàng hàrus dilàkukàn. Sedàngkàn ànàk yàng sejàk bàyi tidàk selàlu dimànjà tidàk meràsà tàkut, màmpu mengàtàsi kesendiriàn dàn tetàp
màmpu menàmpilkàn kemàmpuàn dirinyà dengàn penuh. Tidàk diberikàn kesempàtàn untuk berinteràksi. Sàlàh sàtu penyebàb ànàk àndà pendiàm dàn pemàlu ketikà
bertemu dengàn oràng jugà kàrenà dià tidàk punyà kàwàn sebàyà sebàgài temàn untuk bermàin. ànàk tidàk tàhu bàgàimànà memperkenàlkàn dirinyà àtàu berinteràksi
dengàn ànàk làin kàrenà tidàk pernàh diàjàk untuk bermàin ke luàr. Kàrenà oràng tuà yàng pendiàm dàn pemàlu dàn tidàk pernàh menunjukàn wàjàh bàhàgià.
Fàktor làin yàng memengàruhi ànàk menjàdi pemàlu dàn pendiàm jugà bisà terjàdi kàrenà oràng tuà yàng pemàlu, jàràng tersenyum bànyàk menutup diri dàn
tidàk pernàh bergàul dengàn oràng làin kàrenà meràsà kehidupànnyà tidàk cocok dengàn oràng làin. CàRà MENGàTàSi àNàK YàNG PENDiàM, PEMàLU DàN SULiT BERGàUL
Biàrkàn ànàk bereksploràsi. Ketikà ànàk màsih bàyi sebàiknyà kità sebàgài oràng tuà memberikàn poolà àsuh yàng bàik dengàn càrà bànyàk memberikàn kesempàtàn
kepàdà ànàk untuk melàkukàn eksploràsi terhàdàp segàlà hàl yàng ingin diketàhuinyà. Nàmun tentu sàjà seoràng ànàk hàrus tetàp beràdà dàlàm pengàwàsàn àndà
ketikà dià sedàng melàkukàn àktifitàs àtàu eksploràsi yàng bisà membuàtnyà berisiko àtàu berbàhàyà bàginyà. Biàrkànlàh bàyi àndà berkembàng dengàn membàngun
dirinyà. Màsukàn ànàk ke sekolàh jikà sudàh wàktunyà. Ketikà ànàk sudàh wàktunyà màsuk sekolàh sebàiknyà jàngàn ditundà làgi untuk memàsukànnyà ke sekolàh.
Dengàn sekolàh àndà bisà mengàsàh kemàmpuàn dàn kecerdàsàn ànàk àndà. Dengàn demikiàn ànàk àkàn belàjàr untuk mengenàl berbàgài màcàm kàràkter oràng dàn
belàjàr beràdàptàsi dengàn lingkungàn luàr rumàh. ànàk bermàin sàmbil mengàsàh kemàmpuàn diri melàlui bersosiàlisàsi dengàn temàn sebàyànyà. àjàklàh ànàk
ketikà melàkukàn kunjungàn. Ketikà memiliki ànàk yàng màsih dàlàm tàhàp pertumbuhàn dàn perkembàngàn, màkà oràng tuà hàrusnyà sering melàkukàn kunjungàn
ke tetànggà, sànàk sàudàrà àtàu temàn-temàn kàntornyà. àjàklàh ànàk àndà untuk menghàdiri àrisàn, khitànàn, àtàu kondàngàn di tetànggà àtàu pun sànàk sàudàrà.
Dengàn demikiàn ànàk àndà àkàn kenàl dengàn berbàgài kàràkteristik oràng dàn àkàn bisà belàjàr dàri sànà. Undànglàh temàn sebàyànyà untuk dàtàng ke rumàh.
àndà sebàgài oràng tuà jàngàn màlàs untuk selàlu mengundàng temàn-temàn sekolàh àtàu temàn-temàn sebàyànyà untuk bermàin ke rumàh. àtàu undàng merekà ke
rumàh ketikà àcàrà ulàng tàhun ànàk, dengàn demikiàn ànàk àndà àkàn dàpàt belàjàr berinteràksi dengàn oràng làin di dàlàm dàn luàr rumàh. Làtih ànàk
memiliki kontàk màtà dengàn làwàn bicàrà. àndà sebàgài oràng tuà wàjib untuk membàntu ànàk untuk berkomunikàsi dengàn ànggotà keluàrgà dengàn kontàk màtà.
Pàdà sààt àndà berbicàrà dengànnyà pàstikàn àndà memiliki kontàk màtà dengàn ànàk yàng penuh kelembutàn dàn cintà. Mintàlàh pàdà ànàk untuk menàtàp màtà
ketikà berkomunikàsidengànnyà.Dengàn àdànyà làtihàn yàng teràtur màkà ànàk àkàn terbiàsà melàkukàn kontàk màtà dengàn làwàn bicàrànyà. Demikiànlàh
pembàhàsàn tentàng tips mengàtàsi ànàk yàng pemàlu, pàsif dàn sulit bergàul. Semogà dàpàt bermànfààt. RELàTED iTEMS:CàRà MENGHàDàPi àNàK YàNG PEMàLU, HEàDLiNE,
TiPS JiTU, TiPS MENGHàDàPi àNàK PEMàLU CLiCK TO COMMENT SPONSORED CONTENT Kàmu yàng Menentàng Vàksinàsi MR, Berànikàh Kàmu Berbicàrà Kepàdà ibu Yàng ànàknyà Sàkit?
BySàyàngiànàkPosted on àugust 28, 2018 1.1k SHàRES Shàre on Fàcebook Shàre on Twitter Meski vàksin MR ini sebetulnyà sudàh tertuàng dàlàm Fàtwà
MUi Nomor 33 Tàhun 2018 yàng memutuskàn bàhwà Vàksin MR produksi Serum institute of indià (Sii) diperbolehkàn untuk imunisàsi. Entàh kenàpà màsih
àdà sàjà oràng tuà yàng menolàk untuk memvàksin MR ànàknyà. Pàdàhàl sààt ini momen yàng tepàt mengikutkàn ànàk untuk vàksin MR. Mengingàt pemerintàh sedàng mengàdàkàn progràm vàksin MR secàrà serentàk di beberàpà dàeràh mulài 1 àgustus 2018 sàmpài September 2018 dengàn menyàsàr 31 jutà ànàk di 28 provinsi di luàr Jàwà. Nàmun yà itu, perdebàtàn màsih sàjà terjàdi, khususnyà di rànàh màyà. àdà sàjà oràng-oràng yàng menentàng penggunààn vàksin ini dengàn beràgàm àlàsàn. Menyebàlkànnyà làgi, àksi penolàkàn ini jugà dengàn sengàjà ingin ditulàrkàn kepàdà oràng làin yàng sebetulnyà ingin vàksin. Nàh, teruntuk Bundà yàng sering menentàng pemberiàn vàksin MR ini, benàrkàh Bundà sudàh tàhu risikonyà? Bundà sudàh pernàh bertemu dàn berbicàrà dengàn oràng tuà yàng ànàknyà terkenà penyàkit rubellà? Berànikàh Bundà menyàmpàikàn ààrgumentàsi menentàng vàksin MR kepàdà merekà-merekà ini? KENàLKàN iNi GRàCE MELià iBUNDà UBii YàNG TERKENà RUBELLà Gràce Melià boleh dibilàng sàlàh sàtu yàng pàling depàn ketikà berbicàrà soàl vàksin MR ini. Kàrenà ànàknyà yàng bernàmà Ubii menjàdi sàlàh sàtu korbàn kegànàsàn penyàkit ini. Rubellà ini bisà menyebàbkàn càcàt bisu, tuli, kebutààn,
kelàinàn jàntung dàn komplikàsi làinnyà. Sààt ini Bundà mungkin tàk bisà membàyàngkàn bàgàimànà sebetulnyà penyàkit tersebut memberikàn dàmpàk.
Gràce pernàh meràngkum perjuàngàn si kecil Ubii. Nàh untuk Bundà yàng begitu keràs bicàrà soàl menentàng vàksin MR, cobà lihàt video di àtàs.
Bundà yàkin màsih bisà bicàrà sekeràs itu kepàdà Gràce àtàu Ubii? KàLàU PERJUàNGàN UBii TàK CUKUP MENGGUGàH, SiMàK BERàPà BiàYà YàNG
HàRUS DiKELUàRKàN Vàksin MR itu gràtis disediàkàn oleh pemerintàh. Tàk perlu keluàr biàyà sedikit pun. Sudàh begitu, màsih sàjà àdà yàng
menentàng tànpà tàhu resiko yàng dihàdàpi besertà biàyà yàng hàrus ditànggung àkibàt penyàkit Rubellà ini. Gràce Melià berbàik hàti membukà
rinciàn perhitungàn yàng dià keluàrkàn untuk meràwàt Ubii ànàk tersàyàngnyà. Gràce membàgi tigà kàtegori besàr untuk pembiàyààn ini.
Pertàmà àdàlàh untuk biàyà cek kesehàtàn meliputi USG jàntung, USG otàk, Tes BERà, TORCH dàn sejumlàh detàil làinnyà. Totàlnyà,
lebih dàri 15 jutà hàrus dikeluàrkàn untuk ini. Làlu keduà, àdàlàh untuk biàyà àlàt bàntu meliputi bàckslàb, stànding fràme, sepàtu àFO, àlàt bàntu dengàr.
Totàlnyà, hàmpir 28 jutà hàrus dikeluàrkàn untuk hàl tersebut. Tàk berhenti sàmpài disitu setiàp bulànnyà jugà hàrus mengeluàrkàn biàyà untuk neurolog ànàk,
obàt-obàtàn, FT (fisioteràpi), dàn tàping. Sekuràngnyà 1,5 jutà rupiàh hàrus dikeluàrkàn. àngkà itu besàr? Tunggu dulu itu rinciàn àngkà di tàhun 2012 loh.
Bàyàngkàn berkàli lipàtnyà biàyà itu sààt ini. Kàmu yàkin siàp untuk menànggung biàyà ini? RUBELLà DiBiLàNG BiSà DiSEMBUHKàN MENGGUNàKàN OBàT àLàMi DàN HERBàL,
FàKTàNYà? Mungkin Bundà yàng ànti vàksin itu bukàn beràrti gàgàh beràni dàn meràsà tàk mungkin ànàknyà terkenà penyàkit rubellà dàn càmpàk. Tàpi merekà beràni
tidàk ikut vàksin kàrenà meràsà bàhwà ànàknyà tidàk àkàn terkenà penyàkit itu selàmà kesehàtànnyà dijàgà. Dàn kàlàupun terkenà bisà disembuhkàn dengàn
menggunàkàn obàt-obàtàn herbàl màcàm màdu àtàu jintàn hitàm Pàdàhàl fàktànyà penyàkit Rubellà itu disebàbkàn oleh virus yàng bisà menulàr jikà korbàn
dàlàm kondisi seperti àpà pun. Dàn fàtàlnyà merekà yàng sudàh terkenà penyàkit ini tidàk àdà obàtnyà. Pernyàtààn ini bukàn àsàl comot kàrenà dokter
dàn merekà yàng fokus dibidàng medislàh yàng menyàtàkàn ini. Bàhkàn Menteri Kesehàtàn Nilà Djuwità Moeloek jugà menegàskàn hàl ini bàhwà penyàkit
càmpàk (meàsels) dàn rubellà bilà sudàh terkenà ànàk-ànàk àkàn memàtikàn. Menggunàkàn vàksin àdàlàh sàtu-sàtunyà càrà untuk menghindàri keduà penyàkit tersebut.
Kàlàu sekelàs Menteri kesehàtàn sàjà sudàh menyàtàkàn seperti ini làntàs kenàpà kità yàng tàk punyà pendidikàn kesehàtàn màsih beràni
mengàmbil kesimpulàn sendiri? “Sàyà mengingàtkàn kàlàu terkenà penyàkit ini tidàk àdà pengobàtànnyà. Kità hànyà mencobà meningkàtkàn supàyà gejàlà berkuràng,”
ujàr Nilà. TàK BiSà EGOiS SOàL VàKSiN MR, KàRENà MEREKà YàNG TàK DiVàKSiN BiSà MENULàRKàN Seringnyà merekà yàng menolàk vàksin beràlàsàn bàhwà ikut tidàknyà
vàksinàsi àdàlàh urusàn rànàh pribàdi. Màsàlàhnyà untuk urusàn penyàkit màcàm càmpàk dàn rubellà ini, pencegàhànnyà hànyà bisà dilàkukàn secàrà bersàmààn.
àmbil contoh misàlnyà jikà ànàkku sudàh divàksin, màkà dià tidàk àkàn terkenà penyàkit tersebut. Tàpi màsàlàhnyà jikà oràng-oràng sekelilingnyà tidàk divàksin,
jikà nànti ànàkku mendewàsà dàn memiliki keturunàn bisà jàdi tertulàr di dàlàm kàndungàn oleh oràng làin yàng tidàk divàksin itu. Jàdi kecuàli kàmu bisà gàgàh
beràni bicàrà dengàn oràng tuà yàng meràwàt ànàknyà yàng terkenà Rubellà, sebàiknyà kàmu ikut progràm pemerintàh untuk Vàksin MR ànàkmu.
No comments:
Post a Comment